Wisata Alam dan Mendaki Gunung Berdampak Buruk Terhadap Satwa Liar

By Ricky Jenihansen, Senin, 23 Januari 2023 | 09:00 WIB
Kehadiran pendaki gunung berpengaruh negatif terhadap perilaku satwa liar. (Unsplash)

Nationalgeographic.co.id—Studi baru dari Washington State University dan National Park Service mengungkapkan bahwa wisata alam dapat berpengaruh negatif terhadap perilaku satwa liar. Bahkan tanpa senapan berburu, manusia tetap berpengaruh kuat terhadap pergerakan satwa liar.

Para peneliti mempelajari jalur pendakian Taman Nasional Gletser selama dan setelah penutupan COVID-19. Rincian studi mereka telah diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports.

Temuan mereka menambah bukti pada teori bahwa manusia dapat menciptakan 'lanskap ketakutan' seperti predator puncak lainnya, mengubah cara spesies menggunakan suatu area hanya dengan kehadiran mereka.

Menurut mereka, kehadiran pendaki gunung di jalur pendakian dapat mempengaruhi 16 dari 22 spesies mamalia, termasuk predator dan mangsa. Perilaku mereka berubah, di mana dan kapan mereka mengakses area.

Beberapa tempat yang benar-benar terbengkalai sebelumnya mereka gunakan, yang lain lebih jarang menggunakannya, dan beberapa beralih ke aktivitas malam hari untuk menghindari manusia.

"Ketika kawasan dibuka untuk umum, dan ada banyak pejalan kaki dan pelancong yang menggunakan area tersebut, kami melihat banyak perubahan dalam cara hewan menggunakan area yang sama," kata Daniel Thornton, ahli ekologi satwa liar dan penulis senior di WSU.

"Hal yang mengejutkan adalah bahwa tidak ada gangguan manusia nyata lainnya di luar sana karena Gletser adalah taman nasional yang sangat dilindungi, jadi respons ini benar-benar didorong oleh kehadiran manusia dan kebisingan manusia."

Gunung Pangrango terlihat dari jalur pendakian Cibodas di kawasan Taman Nasional Gede Pangrango. (Warsono/National Geographic Indonesia)

Para peneliti juga berharap untuk menemukan efek yang dikenal sebagai "perisai manusia", ketika kehadiran manusia menyebabkan predator besar menghindari suatu daerah, memberikan kesempatan bagi predator yang lebih kecil dan mungkin beberapa spesies mangsa untuk menggunakan suatu daerah lebih sering.

Dalam hal ini, mereka menemukan efek potensial ini hanya untuk satu spesies, rubah merah. Rubah lebih hadir di dan dekat jalan setapak saat taman dibuka-mungkin karena pesaing mereka menghindari area tersebut saat ada manusia.

Beberapa spesies menunjukkan penurunan penggunaan area jalan setapak saat kawasan dibuka, termasuk beruang hitam, rusa besar, dan rusa berekor putih.

Banyak yang mengurangi aktivitas siang hari mereka, termasuk rusa bagal, kelinci sepatu salju, beruang grizzly, dan coyote. Beberapa, termasuk puma, tampak acuh tak acuh terhadap kehadiran manusia.