Selidik Dewa-Dewi Yunani Kuno yang Tidak Populer, Siapa Saja?

By Hanny Nur Fadhilah, Senin, 23 Januari 2023 | 10:00 WIB
Terdapat Dewa dan Dewi Yunani kuno yang jarang dikenal sosoknya, siapa saja mereka? (Pixabay)

Nationalgeographic.co.id—Kisah dewa dan dewi dalam mitologi Yunani, seperti Zeus, Poseidon, dan Hades sudah tak asing didengar. Tetapi nyatanya, ada banyak sekali dewa dan dewi yang tercatat dalam mitologi Yunani. Beberapa banyak dewa Yunani yang kurang dikenal sosoknya. 

Dewa utama dikenal sebagai 12 Olympian karena mereka tinggal di Gunung Olympus, rumah para dewa. Beberapa cerita dalam mitologi membuatnya tampak seperti ada 14 daripada 12, dan ada banyak perdebatan tentang apakah Hades, Hephaestus, dan Poseidon adalah Olympian karena mereka tidak tinggal di Olympus, tetapi mereka masih dianggap sebagai salah satu dari dewa Yunani yang paling kuat.

Hades adalah dewa Dunia Bawah dan tinggal di sana. Poseidon tinggal di istananya di bawah laut, dan Hephaestus tidak tinggal di Olympus tetapi adalah suami Aphrodite. Itu semua tergantung di mana Anda membaca tentang mereka dan seberapa teknis yang Anda inginkan.

Olympian dan dewa yang pernah duduk di dewan di Olympus: Aphrodite, Apollo, Ares, Artemis, Athena, Demeter, Hephaestus, Hera, Hermes, Hestia, Poseidon dan Zeus.

Demigod

Olympian bukanlah satu-satunya dewa dalam mitologi Yunani. Diantaranya ada Demigod, keturunan yang muncul ketika dewa dan makhluk fana atau makhluk lain bereproduksi.

Demigod tidak sekuat Olympian, tetapi mereka hampir setara. Beberapa dikenal oleh sebagian besar, seperti Achilles, Hercules, dan Perseus, tetapi yang lain adalah dewa-dewa Yunani yang kurang dikenal. Setiap dewa memiliki tempatnya dalam mitologi Yunani dan memiliki cerita atau cerita yang terkait dengan namanya yang membuat mereka terkenal.

Berikut daftar demigod di mitologi Yunani: Achilles, Aeacus, Aeneas, Amfion, Arcas, Asclepius, Bellerofon, Dardanus, Epaphus, Harmoni, Herakles atau Hercules, Helen dari Sparta (atau Helen dari Troy), Hippolyta, Iasus, Memnon, Orion, Orpheus, Penthesilea, Perseus, Inius, Tityos, Zethes, Zethus dan Aeacus.

Meskipun Aeacus bukan demigod terkenal, dia memiliki kuil untuk menghormatinya di Aegina. Kuil itu dibuat untuk merayakan doanya yang berhasil kepada Zeus untuk meminta hujan selama musim kemarau. Pada suatu waktu, dia adalah raja Aegina, yang sekarang berada di lepas pantai Yunani modern; itu juga dikenal sebagai Egina. Aegina berbagi namanya dengan ibu Aeacus, Aegina.

Ayah Aeacus adalah Zeus. Aeacus memiliki dua anak dengan dua wanita berbeda, Telamon dan Peleus. Ibu Telamon adalah Endeis, dan ibu Peleus adalah Thetis. Peleus kemudian menjadi ayah dari dewa terkenal, Achilles.

Bellerophon

Bellerophon adalah salah satu dewa yang disebutkan dalam Iliad, oleh Homer. Di Iliad, dia adalah putra Glaucus. Meskipun, bagian lain dari mitologi Yunani mengatakan bahwa dia adalah anak dari Poseidon dan Eurynome, yang merupakan istri dari Glaucus.