Kisah Wanita yang Selamatkan Budak Buronan hingga Dijuluki Nabi Musa

By Galih Pranata, Minggu, 29 Januari 2023 | 08:00 WIB
Mural bergambar Hariet Tubman yang dikenal karena kisah heroiknya menyelamatkan puluhan hingga ratusan budak buronan hingga ia dijuluki Nabi Musa. (Smithsonian Magazine)

Nationalgeographic.co.id—Harriet Tubman adalah seorang budak wanita yang berhasil melarikan diri dari majikannya. Ia kemudian menjadi "konduktor" di Kereta Api Bawah Tanah. Kisah hidupnya cukup menggugah.

Ia menjelma menjadi tokoh penting bagi segenap budak di Amerika. Wanita ini memimpin sejumlah orang-orang kulit hitam yang diperbudak untuk menuju kebebasan sebelum Perang Saudara berkecamuk.

Pada tahun 1840, ayah Harriet dibebaskan dan Harriet mengetahui bahwa wasiat terakhir pemilik Rit telah membebaskan Rit dan anak-anaknya, termasuk Harriet.

Sekitar tahun 1844, Harriet menikah dengan John Tubman, seorang pria kulit hitam bebas, dan mengubah nama belakangnya dari Ross menjadi Tubman.

Pada saat dirinya diperbudak, ia melarikan diri dengan kereta bawah tanah. Tubman dan saudara laki-lakinya, Ben dan Henry, melarikan diri dari perbudakan pada tanggal 17 September 1849. 

Tubman telah disewa Anthony Thompson (putra dari mantan pemilik ayahnya), yang memiliki perkebunan besar di sebuah daerah bernama Poplar Neck. Dengan bantuan Kereta Api Bawah Tanah, Harriet melakukan perjalanan 90 mil ke utara menuju Pennsylvania demi merengkuh kebebasannya.

Sejak ditetapkan Fugutive Slave Act tahun 1850, dijelaskan bahwa mengizinkan buronan dan pekerja yang dibebaskan di utara untuk ditangkap dan diperbudak. Ini yang membuat Harriet terus dikejar dan membuatnya melarikan diri semakin jauh.

"Dalam setiap pelariannya, ia kerap membius bayi yang ada bersamanya agar para pemburonnya tak dapat mendengar tangisan bayi hingga menemukannya," tulis Liza Weisstuch.

Ia menulisnya kepada Smithsonian Magazine dalam sebuah artikel berjudul "Harriet Tubman Is Famous for Being an Abolitionist and Political Activist, but She Was Also a Naturalist" yang terbit pada 10 Maret 2022.

Sejak diterbitkannya Undang-undang Budak Buronan 1850 (Fugutive Slave Act 1850), meningkatkan risiko bagi mereka yang melarikan diri dari perbudakan. Maka dari itu, Tubman mencari perlindungan di Ontario Selatan.

Baca Juga: Perdagangan Budak Belanda di Transatlantik, Dari Afrika hingga Amerika

Baca Juga: David Ruggles, Abolisionis Penentang Rasisme di Amerika Serikat