Valeria Messalina, Kisah Ratu Romawi yang Sejarahnya Dihapus

By Hanny Nur Fadhilah, Jumat, 17 Februari 2023 | 12:00 WIB
Messalina dengan para pria. (Wikimedia)

Nationalgeographic.co.id—Beberapa permaisuri Romawi menderita reputasi memalukan, salah satunya Valeria Messalina. Dia adalah istri ketiga Kaisar Claudius, penerus Kaisar Caligula yang memiliki nymphomaniac, kondisi dimana seseorang tak mampu menahan hasrat seksualnya.

Menurut penulis kuno, nafsu seksualnya benar-benar tak terpuaskan, bahkan melebihi kehidupan seks para kaisar. Dia sering mengunjungi rumah bordil, tidur di istana kekaisaran. Dia bahkan pernah bersaing dengan pelacur terkemuka Roma dalam maraton seks dan berakhir dengan menjadi pemenang.

Ketika sampai pada kebenaran di balik kehidupan Messalina, sulit untuk mengetahui di mana kebenaran berakhir dan kampanye kotor dimulai. Tapi ada satu episode dalam hidupnya yang tidak diragukan lagi.

Bahwa ketika suaminya, kaisar Claudius  sedang melakukan pengorbanan di kota tetangga Ostia, dia menikahi kekasihnya dalam sebuah upacara publik di Roma.

Siapa Messalina?

Permaisuri Romawi kuno, Messalina memiliki reputasi buruk. (Walk Inside Rome)

Dikutip Walk Inside Rome, Valeria Messalina lahir dalam lingkaran aristokrat. Dia memiliki ikatan yang kuat dengan keluarga kekaisaran. Nenek buyutnya adalah Octavia, saudara perempuan kaisar pertama Augustus, yang serambinya masih berdiri di Ghetto Yahudi Roma.

Sepupu keduanya adalah Caligula, kaisar gila, jahat, dan berbahaya yang daftar riwayat hidupnya mencakup menyatakan perang di laut dan mencoba menjadikan kudanya sebagai konsul.

Mesaalina adalah istri ketiga Claudius, seorang sarjana gagap, dan penerus Caligula. Messalina menikah dengan Claudius pada tahun 38 atau 39 M, beberapa tahun sebelum dia berkuasa.

Sebagai istri ketiganya, Messalina memberinya dua anak: Britannicus (dinamai menurut penaklukan Claudius atas Inggris) dan Octavia.

Keduanya akan binasa di bawah Nero – putra angkat dan penerus Claudius. Britannicus akan menyerah pada racun di meja makan; Octavia, istri Nero, akan dibuat bunuh diri ketika kasih sayang Nero beralih ke yang lain. Pergelangan tangannya tersayat sebelum dia mati lemas di pemandian uap yang mengepul.

Tapi darah bangsawan Messalina tidak diterjemahkan menjadi karakter bangsawan. Sebagai permaisuri, dia mendapatkan reputasi untuk ketidakpuasan seksual, dilaporkan berkompetisi dalam bentuk Olimpiade seksual dengan pelacur terkemuka Roma.