Gambar Cadas Gua ini Dianggap Seni Tertua Karya Neanderthal

By Ricky Jenihansen, Jumat, 27 Januari 2023 | 16:30 WIB
Gambar cadas di dinding Gua La Pasiega yang terdiri dari garis horizontal dan vertikal merah, diperkirakan berasal lebih dari 64.000 tahun yang lalu dan dianggap buatan Neanderthal. (P. Saura)

Nationalgeographic.co.id—Pada tahun 1990-an, beberapa arkeolog secara radikal mengubah pandangan umum mereka tentang Neanderthal. Mereka menduga Neanderthal sebagai makhluk yang bodoh, setelah sebelumnya dianggap sebagai nenek moyang manusia.

Penelitian lanjutan mereka juga berusaha mempelajari cara Neanderthal hidup dan salah satunya adalah seni Neanderthal. Mereka menganggap corak-corak yang ditemukan di beberapa gua di Eropa sebagai seni buatan Neanderthal.

Sekarang, sebagian arkeolog juga malah mencoba mengubah pandangan umum mereka terhadap corak yang mereka anggap sebagai seni Neanderthal. Gambar cadas yang diklaim sebagai buatan Neanderthal oleh sebagian arkeolog, mungkin merupakan seni tertua di dunia.

Menurut mereka, seni Neanderthal mungkin lebih abstrak daripada figur stereotip dan gambar cadas hewan yang dibuat oleh Homo sapiens setelah Neanderthal menghilang sekitar 30.000 tahun yang lalu.

Para arkeolog mulai menghargai betapa kreatifnya seni Neanderthal dengan sendirinya. Populasi Neanderthal di Eropa juga telah ditelusuri kembali setidaknya 400.000 tahun.

Paul Pettitt, Profesor di Departemen Arkeologi, Durham University menulis untuk The Conversation. Menurutnya, sejak 250.000 tahun yang lalu, Neanderthal mencampurkan mineral seperti hematit (oker) dan mangan dengan cairan untuk membuat cat merah dan hitam, mungkin untuk menghiasi tubuh dan pakaian.

"Kita sekarang tahu bahwa, jauh dari upaya untuk mengikuti Homo sapiens, mereka memiliki evolusi perilaku yang bernuansa mereka sendiri. Otak mereka yang besar mendapatkan pemeliharaan evolusioner mereka," katanya.

"Kami tahu dari penemuan sisa-sisa di gua-gua bawah tanah, termasuk jejak kaki dan bukti penggunaan alat dan pigmen di tempat-tempat di mana Neanderthal tidak memiliki alasan yang jelas bahwa mereka tampaknya ingin tahu tentang dunia mereka."

Di gua Ardales dekat Malaga, Spanyol, Neanderthal dianggap mewarnai bagian cekung dari stalaktit putih. (Universitat de Barcelona)

Lantas, mengapa mereka menyimpang dari dunia terang ke kedalaman berbahaya di mana tidak ada makanan atau air minum?

"Kami tidak dapat mengatakan dengan pasti, tetapi karena ini kadang-kadang melibatkan penciptaan seni di dinding gua, itu mungkin lebih bermakna daripada hanya eksplorasi," ia menambahkan.

Neanderthal hidup dalam kelompok kecil dan erat yang sangat nomaden. Ketika mereka bepergian, mereka membawa bara api untuk menyalakan api kecil di tempat perlindungan batu dan tepi sungai tempat mereka berkemah.