Bonnie dan Clyde: Dua Sejoli Kriminal yang Hanya Terpisahkan Maut

By Galih Pranata, Senin, 30 Januari 2023 | 14:00 WIB
Potret dua sejoli kriminalis, Bonnie Parker dan Clyde Barrow tengah berpose di depan mobil Ford V8 curiannya sekitar tahun 1932. (Wikimedia Commons)

Nationalgeographic.co.id—Salah satu pasangan paling ikonik di sepanjang abad ke-20 mungkin adalah Bonnie Parker dan Clyde Barrow. Keduanya merupakan penjahat di saat kondisi dunia sedang mengalami depresi ekonomi.

Keterlibatan Clyde Barrow dengan pidana dimulai sebelum tahun 1930-an, tetapi tindakannya menjadi lebih serius ketika Clyde bertemu dengan Bonnie. Mereka tak dapat dipisahkan setelah pertemuan awal mereka, mereka menjadi pasangan kriminalis.

"Tetapi dalam waktu singkat, mereka terpisahkan ketika Clyde ditangkap dan dipenjara karena pencurian mobil," tulis Amy Hayes kepada The Collector dalam artikel berjudul Bonnie and Clyde: The Romanticized Outlaws of the Great Depression terbitan 28 November 2022.

Salah satu kejahatan pertamanya yang diketahui dengan Clyde adalah membantunya melarikan diri dengan menyelundupkan senjata ke penjara pada 11 Maret 1930. Namun, pelarian Clyde tidak berhasil karena dia ditangkap kembali tidak lama kemudian.

Pada 18 September 1930, Clyde dipindahkan ke Peternakan Penjara Eastham, yang terkenal sebagai kamp penjara kerja paksa yang brutal. Tahanan sering dianiaya, dan kerja keras sangat keras.

Pada Februari 1932, Clyde diberikan pembebasan bersyarat oleh Gubernur Texas Ross Sterling dan dibebaskan dari penjara berkat upaya ibunya dalam mengajukan petisi untuk pembebasannya.

Bonnie dan Clyde dipertemukan kembali. Pembebasan Clyde secara bersyarat oleh Gubernur Sterling. Namun, "pembebasannya tampak menjadi boomerang bagi Gubernur," tambah Amy.

Lebih dari sebulan setelah Clyde diberikan pembebasan bersyarat, secara kompak, pasangan itu memulai rangkaian kejahatannya dalam perampokan dan pembunuhan yang berlangsung selama dua tahun.

Agar memiliki sejumlah kekuatan, Clyde dan Bonnie membuat komplotan gengster yang diberinama geng Barrow. "Mereka biasanya dipanggil Barrow dan Parker, Geng Barrow, atau Clyde dan penembaknya," lanjutnya.

Salah satu kejahatan Geng Barrow yang paling konsisten adalah pencurian mobil. Clyde menyukai mobil Ford, yang biasanya dia curi. Mobil-mobil itu dicuri di satu negara bagian dan ditemukan ditinggalkan di negara bagian lain.

Rekor pembajakan mobilnya dimulai sejak Desember 1926, ketika dia ditangkap di Dallas dan dikirim ke penjara. Banyak dari kejahatan mereka terjadi di negara bagian Texas dan Midwest.

Mereka memiliki tangan yang cepat yang selalu siap menembak, dan Clyde cukup ahli dalam mengemudi dengan cepat dan melarikan diri dari jerat hukum. Mereka menembak siapa saja yang menghalangi jalan mereka dan menjatuhkan sejumlah petugas selama mereka dalam pelarian.