Separatisme Biafra Atas Nigeria Sebabkan Jutaan Jiwa Mati Kelaparan

By Galih Pranata, Rabu, 1 Februari 2023 | 11:00 WIB
Potret seorang anak yang kelaparan di Biafra pada saat berkecamuknya perang separatisme Biafra atas Nigeria pada 1967. (CORBIS/Getty Images)

Nationalgeographic.co.id—"Ada orang yang menghabiskan waktunya berziarah ke Mekah... Ada orang yang menghabiskan waktunya berjudi di Miraza... Tapi aku ingin menghabiskan waktuku di sisimu, sayangku."

Sebuah petikan syair yang digubah oleh Soe Hok Gie dalam bukunya Catatan Seorang Demonstran (1983) menyiratkan kemanisan. Namun, tentang bayi-bayi lapar di Biafra tampaknya menggelitik untuk dibahas.

Nigeria memperoleh kedaulatan yang sudah mereka nantikan dari Kerajaan Britania Raya pada tahun 1960. Negara ini mulai untuk mengatur urusan hidupnya sendiri. Menerjang segala risiko sebagai negeri yang baru seumur jagung.

Pada tanggal 30 Mei 1967, selanjutnya wilayah timur Nigeria, Biafra berupaya untuk mendeklarasikan kemerdekaannya sendiri. Namun, karena cadangan minyak Biafra merupakan kunci perekonomian, otoritas Nigeria menentang pemisahan diri tersebut.

"Pada bulan Juni, pasukan Nigeria maju untuk mencegah gerakan separatisme Biafra," tulis Arua Oko Omaka dalam bukunya berjudul The Biafran Humanitarian Crisis, 1967–1970 terbit tahun 2017.

"Sejak saat itu, Nigeria telah mengumumkan secara resmi untuk berperang melawan separatisme Biafra," tambahnya.

Emeka Odumegwu Ojukwu dianggap sebagai tokoh karismatik bagi rakyat Biafra. Ia juga menjadi aktivis separatis yang menggelorakan semangat pemisahan diri dan membentuk Republik Nigeria.

Pada bulan-bulan sebelum berkecamuknya perang, Ojukwu sering mengunjungi UNN, satu-satunya universitas di Nigeria saat itu, untuk bertemu dengan para mahasiswa. Propaganda separatisme menyasar mahasiswa di sana.

Dari semangat separatisme ini, perang separatisme Biafra tak terelakkan. Tentara Nigeria mulai mempersiapkan diri. Segala cara dilakukan, termasuk untuk menghalau sumber pangan bagi penduduk di sana. 

Dalam pertempuran itu pula, tentara Nigeria yang terlatih secara brutal membabibuta tentara Biafra yang punya sedikit pengalaman tempur. Ditambah lagi kondisi lapar tentara Biafra, membuat mereka kalah telak.

Anak-anak yang menderita kekurangan gizi, di Rumah Sakit Queen Elisabeth di Umuahia, tanpa lelah diselamatkan oleh organisasi kemanusiaan yang dikerahkan selama perang antara Biafra dan Nigeria. (©Rue des Archives)

Alhasil, pasukan memasang penghalang jalan, dan membendung masuknya sumber pangan ke Biafra. "Itu telah menyebabkan makanan terputus bagi 13 juta penduduk Biafra," imbuh Arua.