Seperti Terminator! Robot ini Bisa Mencair dan Memadat Kembali

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Rabu, 1 Februari 2023 | 09:00 WIB
Cuplikan gambar dari video robot berbentuk manusia yang mencair untuk melarikan diri dari sangkar setelah itu para peneliti secara manual mengekstraksi robot tersebut dan menyusunnya kembali ke bentuk aslinya. Sifanya ini seperti robot T-1000 di serial film The Terminator. (Wang and Pan et al. (2023))

Nationalgeographic.co.id—Sekelompok ilmuwan telah sukses menciptakan robot mini yang bisa mengubah bentuk dari cair ke padat dan sebaliknya. Perilaku robot ini saat dikontrol, bisa bergerak aktif untuk lompat, memanjat, bahkan mengecilkan ukurannya karena bersifat magnetis, serta dapat menghantarkan listrik.

Kemampuannya ini membuatnya dinilai mirip seperti robot pembunuh T-1000 dari serial film "The Terminator". T-1000, sebagai tokoh antagonis pada serial film tersebut, mampu berubah bentuk menjadi cair, sehingga bisa melalui berbagai penghalang berukuran sempit, sehingga menjadi lawan yang menyeramkan.

Sebenarnya, para insinyur yang merancang robot mini ini terinspirasi dari teripang, dan pengembangannya sudah ada sejak lama. Dia berbeda dengan robot tradisional pada umumnya yang keras dan kaku, tetapi juga memiliki masalah. Walau lunak, kelemahannya adalah tidak sekuat dan secepat robot yang padat, dan gerakannya tidak mudah dikendalikan.

“Memberikan robot kemampuan untuk beralih antara keadaan cair dan padat memberi mereka lebih banyak fungsi,” kata Chengfeng Pan, seorang insinyur di The Chinese University of Hong Kong yang memimpin penelitian tersebut.

Hasil penelitiannya bersama tim dipublikasikan di jurnal Matter berjudul "Magnetoactive liquid-solid phase transitional matter" pada 25 Januari 2023.

“Sekarang, kami mendorong sistem material ini dengan cara yang lebih praktis untuk memecahkan beberapa masalah medis dan teknik yang sangat spesifik,” kata Pan.

Para insinyur itu menilai, robot ini bisa membantu pembedahan pasien di rumah sakit. Pada penerapannya, tim menggunakan robot untuk mengeluarkan benda asing dari perut model, dan mengirimkan obat sesuai permintaan ke titik perut yang sama.

“Pekerjaan di masa depan harus mengeksplorasi lebih lanjut bagaimana robot ini dapat digunakan dalam konteks biomedis,” kata Carmel Majidi, teknisi mekanik dari Carnegie Mellon University yang turut dalam penyelesaian pengembangan robot itu.

"Apa yang kami tunjukkan hanyalah demonstrasi satu kali, bukti konsep, tetapi lebih banyak penelitian akan diperlukan untuk menyelidiki bagaimana ini sebenarnya dapat digunakan untuk pengiriman obat atau untuk menghilangkan benda asing."

Selain itu di bidang medis, robot ini juga diterapkan sebagai pembantu perbaikan material. Robot kecil yang mirip T-1000 di film "The Terminator" ini mampu bekerja sebagai penyolder pintar untuk perakitan dan perbaikan sirkuit nirkabel. Caranya, ia masuk ke sirkuit yang sulit dijangkau dan bertindak sebagai solder, sekaligus konduktornya.

Robot seperti di film The Terminator membawa obat ke titik lambung yang butuh disembuhkan. (Wang and Pan et al. (2023))

Bahkan, karena bisa berubah bentuk, robot tersebut bisa menjadi 'sekrup' mekanis universal untuk merakit komponen sirkuit yang sulit dijangkau. Caranya, ia melebur ke dalam soket sekrup dan berulir, lalu memadat kembali.