Turnersuchus hingleyae, Spesies Baru Buaya Laut dari Zaman Jurasic

By Ricky Jenihansen, Rabu, 1 Februari 2023 | 18:00 WIB
Rekonstruksi kehidupan Turnersuchus hingleyae. (Júlia d'Oliveira)

Nationalgeographic.co.id—Para ahli paleontologi melaporkan telah menemukan fosil buaya laut dari zaman Jurassic Awal. Fosil tersebut ditemukan di dari Belemnite Marl Member Formasi Charmouth Mudstone di Dorset, Britania Raya.

Fosil tersebut diidentifikasi sebagai spesies dan genus baru crocodylomorph thalattosuchian (buaya laut pra sejarah) dari zaman Jurassic Awal. Temuan tersebut telah dipublikasikan di Journal of Vertebrate Paleontology.

Spesies baru buaya laut pra sejarah tersebut dinaman Turnersuchus hingleyae. Temuan tersebut membantu mengisi celah dalam catatan fosil dan menyarankan bahwa thalattosuchian, dengan crocodyliform lainnya, seharusnya berasal sekitar akhir periode Trias - sekitar 15 juta tahu.

Thalattosuchian, dalam bahasa sehari-hari disebut sebagai 'buaya laut', adalah anggota terkemuka ekosistem laut dari zaman Jurassic Awal hingga Zaman Kapur Awal.

Mereka muncul tiba-tiba dalam catatan fosil dengan kekayaan spesies yang tinggi, menunjukkan diversifikasi yang cepat selama zaman Toarcian, antara 183 dan 174 juta tahun lalu.

Kurang dari sepuluh spesies saat ini diketahui dari periode waktu ini di seluruh distribusi geografis yang luas. Sementara sebagian besar spesimen ditemukan di Eropa, spesimen juga telah dilaporkan dari Cina, Argentina, dan Madagaskar.

Spesies yang baru diidentifikasi, Turnersuchus hingleyae, hidup di tempat yang sekarang disebut Britania Raya, sekitar 185 juta tahun yang lalu.

“Kita sekarang harus berharap untuk menemukan lebih banyak thalattosuchian pada usia yang sama dengan Turnersuchus hingleyae serta lebih tua,” kata Eric Wilberg, ahli paleontologi di Departemen Ilmu Anatomi di University of Stony Brook.

“Faktanya, selama publikasi makalah kami, makalah lain diterbitkan yang menggambarkan tengkorak thalattosuchian yang ditemukan di atap gua di Maroko dari Hettangian/Sinemurian, yang menguatkan gagasan ini.”

Sinemurian adalah periode waktu sebelum Pliensbachian di mana Turnersuchus hingleyae ditemukan. "Saya berharap kita akan terus menemukan thalattosuchian yang lebih tua dan kerabat mereka," ia menambahkan.

"Analisis kami menunjukkan bahwa thalattosuchian kemungkinan pertama kali muncul di Trias dan selamat dari kepunahan massal Trias akhir."

Spesies buaya laut pra sejarah. Turnersuchus hingleyae ditemukan dari Belemnite Marl Member Formasi Charmouth Mudstone di Dorset, Britania Raya (Museum of Natural History)