Permukaan Laut Naik dengan Pesat, Negara Mana yang Cepat Terdampak?

By Wawan Setiawan, Rabu, 1 Februari 2023 | 17:00 WIB
Naiknya permukaan laut merupakan ancaman bagi Male, ibu kota Maladewa. Perhatikan pertahanan pantai sudah mereka buat. (niromaks via Getty Images)

Nationalgeographic.co.id—Permukaan laut naik dengan cepat. Tingkat kenaikannya meningkat lebih dari dua kali lipat, dari 1,4 milimeter per tahun di sebagian besar abad ke-20 menjadi 3,6 milimeter per tahun dari 2006 hingga 2015, menurut Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional (NOAA).

NOAA memperkirakan bahwa permukaan laut kemungkinan akan naik setidaknya 0,3 meter di atas permukaan yang terlihat pada tahun 2000 pada awal abad berikutnya, sementara Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim PBB (IPCC) memperkirakan bahwa hal itu akan terjadi naik 40 dan 63 cm pada tahun 2100.

Jika permukaan laut naik sejauh ini, itu bisa mendatangkan malapetaka di seluruh dunia. Sebanyak 250 juta orang, yang mencakup semua benua, dapat "terpengaruh langsung" pada tahun 2100, menurut sebuah studi tahun 2019 di jurnal Nature Communications yang berjudul “New elevation data triple estimates of global vulnerability to sea-level rise and coastal flooding.”

Jadi, apakah salah satu dari negara, kota, atau negara bagian ini akan hilang sama sekali dalam hidup kita, dan adakah yang dapat dilakukan untuk mencegah bencana?

"Apakah kota atau negara menghilang tergantung pada apakah kita sebagai manusia melakukan sesuatu untuk menangkal ancaman," kata Gerd Masselink, seorang profesor geomorfologi pesisir di University of Plymouth di Inggris, kepada Live Science. "Sebagian besar Belanda sudah berada di bawah permukaan laut tetapi tidak menghilang, karena Belanda sedang membangun dan memelihara pertahanan pantainya."

Negara mana yang akan paling terpengaruh? Pertama, mari kita lihat negara-negara dengan ketinggian terendah.

Menurut Union of Concerned Scientists (UCS), Maladewa, yang terdiri dari 1.200 pulau karang kecil dan rumah bagi sekitar 540.000 orang, adalah negara paling datar di Bumi, dengan ketinggian rata-rata hanya 1 meter. Jika Maladewa mengalami kenaikan permukaan laut sekitar 45 cm, Maladewa akan kehilangan sekitar 77% luas daratannya pada tahun 2100.

Panorama dari titik tertinggi di kota Sanya di Provinsi Hainan, Cina. Ini hanyalah salah satu dari banyak kota pesisir yang berisiko karena naiknya permukaan laut dengan cepat. (Юлия Моисеенко via Getty Images)

Negara lain dengan ketinggian rata-rata yang sangat rendah, sekitar 1,8 meter di atas permukaan laut adalah Kiribati. Pulau kecil di jantung Pasifik ini, dengan populasi hampir 120.000, bisa kehilangan dua pertiga daratannya jika permukaan laut naik 91 cm.

Faktanya, hampir setiap orang yang tinggal di pulau Pasifik kemungkinan besar akan sangat terpengaruh oleh kenaikan permukaan air laut. Sekitar 3 juta penduduk pulau Pasifik tinggal dalam jarak 10 km dari pantai dan, oleh karena itu, mungkin perlu pindah sebelum akhir abad ini, menurut Science and Development Network (sebuah organisasi nirlaba yang berfokus untuk memfasilitasi pembelajaran ilmiah).

Kenaikan permukaan laut telah menyebabkan hilangnya setidaknya lima "pulau karang bervegetasi" yang sebelumnya merupakan bagian dari Kepulauan Solomon, dengan "enam pulau lainnya mengalami resesi garis pantai yang parah," menurut sebuah studi tahun 2016 di jurnal Environmental Research Letters.

Kepulauan Pasifik ini, meskipun sangat membahayakan, cenderung memiliki populasi yang relatif kecil. Jadi negara mana yang lebih besar kemungkin terpengaruh?