Bermain di Luar Ruangan dapat Mengurangi Efek Negatif Ponsel pada Anak

By Ricky Jenihansen, Minggu, 5 Februari 2023 | 09:00 WIB
Membuat anak-anak bermain di luar ruangan dapat mengurangi efek negatif ponsel pada anak. (Computer-generated image)

Nationalgeographic.co.id—Studi baru ilmuwan dari Jepang menemukan bahwa membuat anak-anak bermain di luar ruangan dapat mengurangi efek negatif ponsel pada anak.

Mereka mempelajari 885 anak dengan usia 18 bulan hingga 4 tahun untuk memahami hal tersebut.

Anda mungkin juga ingin mengetahui bagaimana waktu layar memengaruhi perkembangan anak Anda dan bertanya-tanya apakah ada yang dapat Anda lakukan untuk mengimbangi efek negatif apa pun.

Ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa waktu layar dikaitkan dengan komunikasi dan keterampilan hidup sehari-hari yang lebih buruk pada anak usia 2—4 tahun.

Waktu layar atau waktu yang dihabiskan untuk menatap ponsel, tablet, komputer, atau televisi telah mengkhawatirkan banyak orang tua karena efek buruknya.

Namun sekarang, waktu yang dihabiskan untuk bermain di luar ruangan dapat mengurangi efek tersebut pada keterampilan hidup sehari-hari. Hal tersebut harus didorong jika memungkinkan, menurut peneliti.

Penelitian baru mereka menunjukkan bahwa lebih banyak waktu layar pada usia 2 tahun dikaitkan dengan komunikasi yang lebih buruk dan keterampilan hidup sehari-hari pada usia 4 tahun.

AKan tetapi ketika anak-anak juga bermain di luar ruangan, beberapa efek negatif dari waktu layar berkurang. Studi tersebut akan dipublikasikan pada bulan Maret di JAMA Pediatrics.

Untuk penelitian tersebut, para peneliti mempelajari 885 anak dari usia 18 bulan hingga 4 tahun.

Mereka melihat hubungan antara tiga fitur utama: jumlah waktu layar rata-rata per hari pada usia 2 tahun, jumlah permainan di luar ruangan pada usia 2 tahun 8 bulan, dan hasil perkembangan saraf.

Khususnya, komunikasi, keterampilan hidup sehari-hari, dan skor sosialisasi menurut alat penilaian standar yang disebut Vineland Adaptive Behavior Scale II pada usia 4 tahun.

Waktu layar pada usia 2 tahun dikaitkan dengan komunikasi yang lebih buruk (UPI)