Kisah Pilu Zigu, Selir di Zaman Tiongkok Kuno yang Menjadi Dewi Toilet

By Sysilia Tanhati, Selasa, 7 Februari 2023 | 09:00 WIB
Banyak spekulasi soal kisah hidup Zigu, selir Tiongkok yang dijadikan dewi toilet. Konon, ia turun ke bumi pada hari ke-15 Tahun Baru Imlek untuk meramal kesejahteraan keluarga. (Henri Doré)

Pada malam ke-15 Tahun Baru Imlek, masyarakat Tiongkok pergi keluar untuk menikmati berbagai perayaan seputar Festival Lentera. Namun, ada juga yang bermalam di toilet untuk melakukan ritual penting. Mereka membersihkan kakus dan melakukan ritual untuk menyambut Zigu, selir Tiongkok yang jadi dewi toilet. Sang dewi turun ke dunia untuk mengungkapkan kesejahteraan keluarga.

Ritual Zigu

Jika hidup di masa Dinasti Ming (1368 - 1644), Anda mungkin melihat wanita meletakkan wajah kertas dan rok di atas patung jerami. Selama ritual, orang Tionghoa berdoa kepada dewi dengan kotoran kuda, genderang, dan nyanyian. "Patung itu akhirnya menjadi hidup dan memberi isyarat untuk menjawab pertanyaan tentang masa depan," tulis Siyi Chu di laman The World of Chinese.

Wanita pedesaan mempercayai ramalan dewi toilet tentang segala macam urusan rumah tangga. Tanggal pemujaan dan nama yang digunakan untuk memanggil dewi sedikit berbeda dari satu tempat ke tempat lain. Misalnya "Third Lady of the Pit" di Shanghai dan "Maiden of the Shit Vat" di Ningbo. Dewi Zigu menulis ramalannya di alas beras atau debu. Bisa juga dengan mengetuk meja dengan sumpit.

Kisah pilu selir Zigu

Zigu lahir di Dinasti Tang (618 – 907) sebagai He Mei. Nasibnya berubah buruk pada tahun 688, ketika seorang pejabat prefektur bernama Li Jing membunuh suaminya. "Si pejabat kemudian memaksanya menjadi selirnya," kata Chu. Didorong oleh kecemburuan, istri Li akhirnya membunuh He Mei di toilet pada malam ke-15 bulan pertama.

Penyair Dinasti Song terkenal, Su Shi, mengeklaim bahwa Zigu secara pribadi menceritakan kisahnya. "Bahkan setelah kematian, saya tidak berani mengeluh. Tetapi para dewa melihat nasib saya. Untuk memperbaiki kesalahan, mereka memberi saya pekerjaan melayani dunia manusia," tulis Su dalam esainya "Kisah Dewi Zigu".

Penyebutan Zigu paling awal dapat ditemukan di A Garden of Marvels, sebuah buku cerita supernatural dari era Song (420 – 479). Jadi Zigu asli tidak mungkin lahir di Dinasti Tang seperti yang diklaim oleh Su.

Versi awal ini tidak memberikan Zigu identitas tertentu, meskipun pria yang dinikahinya bernama Zixu dan istrinya Lady Cao. Lady Cao juga memaksa Zigu untuk melakukan pekerjaan kotor. Dalam versi, Zigu tidak dibunuh tetapi mati karena marah.

"Banyak sastrawan berspekulasi Zigu bukan hanya satu orang, tapi mungkin sekelompok selir tragis yang menderita penganiayaan," Chu menambahkan.

Urusan meramal dan dewi toilet

Tidak begitu jelas mengapa tugas memprediksi urusan rumah tangga jatuh pada dewi toilet yang tragis. Ada banyak spekulasi soal itu. Beberapa cendekiawan percaya bahwa asal Zigu dari kelas bawah membuatnya cocok untuk rakyat jelata. Wanita, yang mengalami banyak ketidakadilan dalam masyarakat feodal patriarkal, adalah pelaksana utama ritual Zigu.