Mengapa Seorang Ayah Bisa Jadi 'Predator' Bagi Anaknya Sendiri?

By Ade S, Selasa, 7 Februari 2023 | 11:31 WIB
Ilustrasi pelecehan. (freepik.com/author/kamranaydinov)

Seorang ayah sejatinya menjadi sosok yang paling berperan untuk melindungi anak dari segala macam bahaya yang ada di sekitarnya.

Namun, faktanya, beberapa ayah justru malah bak berubah menjadi "predator" bagi anak-anak mereka.

Bahkan, ada beberapa dari para ayah ini yang bak kehilangan akal sehatnya dengan mencemari anak-anak sendiri.

Pada 2015 silam, sebuah berita tentang seorang pelatih Jujitsu asal Brasil yang diduga telah melecehkan anaknya sendiri yang baru berusia 12 bulan hingga meninggal dunia.

Sebuah tindakan yang menggiringnya pada suatu hukuman yang tak kalah mengerikan kala dia "dilecehkan balik" oleh para narapidana kala berada di dalam penjara.

Sementara itu, 40 tahun silam, seorang anak berusia 11 tahun disekap oleh ayahnya sendiri di sebuah ruang bawah tanah selama 24 tahun.

Selama itu pula sang ayah dengan teganya terus-menerus merudapksa sang anak hingga harus melahirkan sebanyak tujuh kali.

Beruntung, ada sebuah "celah keajaiban" yang membuat sang ayah lengah, hingga sang anak pun akhirnya berhasil melarikan diri untuk kemudian membeberkan segala perbuatan keji ayahnya.

Pengakuan memilukan yang kelak diangkat menjadi sebuah film yang tayang pada 2021 lalu.

Kok tega?

Pertanyaan tersebut pastinya akan mencuat ketika membaca berita-berita tentang aksi tak terpuji para ayah kepada anak kandungnya sendiri.

Situs Vanguardngr.com pernah merangkum beberapa pernyataan dari para ayah yang menjadi pelaku pelecehan seksual di Nigeria.