Atum, Nama Dewa Paling Kuno di Mesir yang Menciptakan Para Dewa

By Hanny Nur Fadhilah, Senin, 13 Februari 2023 | 12:00 WIB
Atum, dewa pencipta peradaban Mesir kuno. (My God Pictures)

Nationalgeographic.co.id—Atum adalah dewa pencipta matahari di Mesir kuno. Diciptakan sendiri dari Nu, perairan purba, ia mewujudkan esensi dan kemampuan kedua jenis kelamin.

Nama Atum berasal dari kata tem yang berarti lengkap, karena ia mampu menciptakan pasangan dewa pertama melalui masturbasi. Dia membuat dewi Tefnut dan dewa Shu seperti ini, dan mereka adalah nenek moyang dari semua dewa lainnya.

Sebagai dewa paling kuno di Mesir, dia adalah dewa pertama di Ennead Heliopolis, kumpulan sembilan dewa, dan meskipun Heliopolis adalah pusat pemujaan utama, dia disembah di seluruh negeri. Banyak firaun mengaku sebagai keturunan Atum sehingga dia paling sering digambarkan memakai mahkota raja.

Dia menonjol dalam prasasti agama Mesir kuno yang dikenal sebagai Teks Piramida yang diukir di dinding piramida selama periode Kerajaan Lama.

Proses Penciptaan Dewa

Mitos menceritakan bahwa dia melakukan masturbasi dan kemudian meludahkan dewa Shu dan dewi Tefnut dari mulutnya. Ceritanya menjelaskan kelengkapannya sebagai pencipta, sekaligus julukan the great he-she. Memiliki kualitas pria dan wanita, dia mampu menciptakan anak tanpa pasangan wanita.

Dia adalah dewa Ennead yang pertama dan terpenting, meskipun di kerajaan-kerajaan selanjutnya, seiring berkembangnya agama, nama dan kualitasnya digabungkan dengan dewa-dewa lain: Atum-Ra, dewa matahari; Atum Khepri, dewa matahari terbit; dan Atum Horus, dewa matahari dan dewa para raja. Akhirnya, nama awalannya dihilangkan, dan masing-masing dewa memiliki nama dan identitasnya sendiri. Atum kemudian dianggap sebagai perwujudan dari mereka semua, dan bapak para firaun.

Proses menyerap dewa menjadi satu sama lain dan menggabungkan kepercayaan disebut sinkretisme, dan merupakan bagian integral dari agama Mesir saat berkembang melalui kerajaan. Menggabungkan dewa dan menyembah mereka dengan cara yang berbeda memungkinkan politeisme berkembang dan bertahan dalam jangka waktu yang lama di bawah kekuasaan berbagai firaun. Banyak dari firaun diberi gelar 'Anak Atum', dan dia diwakili dalam ritual pemujaan dan terutama selama upacara penobatan firaun.

Derivasi namanya, kata tem, yang berarti lengkap atau selesai, merupakan indikator kelengkapannya sebagai dewa biseksual dan juga kemampuannya untuk menyelesaikan penciptaan dunia.

Keluarga Atum

Setelah dia menciptakan anak-anaknya, dewi kelembapan, Tefnut, dan dewa udara, Shu, mereka sendiri melahirkan pasangan dewa berikutnya: Geb, dewa bumi, dan Nut, dewi Langit. Geb dan Nut kemudian memberi Atum cicitnya, yaitu Osiris, Isis, Set, Nephthys dan Horus, menyelesaikan Ennead of Heliopolis.

Pengaruh Simbolik