Mimpi Buruk 'The Last of Us' Bisa Jadi Nyata Karena Suhu Iklim Tinggi

By Wawan Setiawan, Jumat, 10 Februari 2023 | 20:00 WIB
Jamur penyebab pandemi di film ‘The Last of Us’ adalah jamur dari genus Cordyceps. Sedangkan yang dibahas dalam studi baru ini adalah jamur patogen Cryptococcus neoformans. (Pranav Dixit / Business Today)

Nationalgeographic.co.id—Dunia dipenuhi dengan makhluk kecil yang menganggap kita enak. Bakteri dan virus adalah penjahat yang jelas, mereka penyebab pandemi global yang mematikan dan infeksi yang mengganggu. Tapi patogen yang belum terlalu kita perhitungkan - masih belum - adalah jamur.

Jamur patogen (Candida, Aspergillus, Cryptococcus, dan lain-lain) terkenal sebagai pembunuh orang-orang dengan kekebalan tubuh yang rendah. Tetapi sebagian besar, orang sehat tidak perlu khawatir tentang mereka. Terlebih lagi, sebagian besar jamur yang berpotensi menjadi patogen di planet ini tidak bertahan dengan baik di panasnya tubuh kita.

Tapi semua itu mungkin bisa saja berubah.

Sebuah studi baru dari Fakultas Kedokteran Universitas Duke menemukan bahwa suhu yang meningkat menyebabkan jamur patogen yang dikenal sebagai Cryptococcus deneoformans mengubah respons adaptifnya menjadi overdrive. Ini meningkatkan jumlah perubahan genetiknya, beberapa di antaranya mungkin mengarah pada ketahanan panas yang lebih tinggi, dan yang lainnya mungkin menuju potensi penyebab penyakit yang lebih besar.

Secara khusus, panas yang lebih tinggi membuat lebih banyak elemen transposabel jamur, atau gen pelompat, bangkit dan bergerak di dalam DNA jamur. Sehingga ini menyebabkan perubahan dalam cara gennya digunakan dan diatur.

Temuan ini telah diterbitkan di jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences pada 20 Januari 2023 bertajuk “Genome-wide analysis of heat stress-stimulated transposon mobility in the human fungal pathogen Cryptococcus deneoformans.”

Fotomikrograf ini menggambarkan Cryptococcus neoformans, patogen jamur yang menyebabkan semakin banyak infeksi yang mengancam jiwa. Orang dengan AIDS, dan mereka yang menggunakan obat imunosupresif adalah yang paling rentan. (US Centers for Disease Control)

"Unsur-unsur bergerak ini cenderung berkontribusi pada adaptasi di lingkungan dan selama infeksi," kata peneliti postdoctoral Asiya Gusa Ph.D. Genetika Molekuler dan Mikrobiologi di Duke School of Medicine. "Ini bisa terjadi lebih cepat karena tekanan panas mempercepat jumlah mutasi yang terjadi."

Ini mungkin membunyikan bel bagi pemirsa serial HBO baru "The Last of Us," di mana pemandangan neraka distopia dipicu oleh jamur yang beradaptasi dengan panas yang mengambil alih manusia dan mengubahnya menjadi zombie. "Itu persis seperti yang saya bicarakan - minus bagian zombie!" kata Gusa yang baru menonton episode pertama dan akan bergabung dengan fakultas Duke sebagai asisten profesor akhir tahun ini.

"Ini bukan penyakit menular dalam arti menular; kami tidak menularkan jamur satu sama lain," kata Gusa. "Tapi spora ada di udara. Kita menghirup spora jamur sepanjang waktu dan sistem kekebalan kita diperlengkapi untuk melawannya."

Spora jamur umumnya lebih besar dari virus, jadi stok masker wajah Anda yang ada mungkin cukup untuk menghentikannya. Itu, dan panas tubuhmu, bisa melindungi kita untuk saat ini.

"Penyakit jamur sedang meningkat, sebagian besar karena peningkatan jumlah orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah atau kondisi kesehatan yang mendasarinya," kata Gusa. Tetapi pada saat yang sama, jamur patogen juga dapat beradaptasi dengan suhu yang lebih hangat.