Capung Jarum Bermata Merah Menyebar ke Inggris karena Perubahan Iklim

By Ricky Jenihansen, Minggu, 12 Februari 2023 | 09:00 WIB
Capung jarum kecil bermata merah (Erythromma viridulum) jantan. (Pam Taylor)

Nationalgeographic.co.id—Studi baru dari University of Exeter menunjukkan bahwa capung jarum bermata merah berbagi habitat baru dengan capung asli Inggris. Habitat capung jarum telah bergeser ke utara Mediterania karena perubahan iklim.

Penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa spesies capung jarum yang datang ke Inggris dari Eropa menimbulkan risiko minimal terhadap capung asli.

Para peneliti telah menerbitkan studi mereka dalam jurnal Insect Conservation and Diversity, berjudul "Associations between a range-shifting damselfly (Erythromma viridulum) and the UK's resident Odonata suggest habitat sharing is more important than antagonism."

Saat puluhan ribu spesies menggeser "jangkauan" mereka (daerah tempat tinggal mereka) karena perubahan iklim, capung jarum kecil bermata merah telah menyebar ke utara dari Mediterania.

Hal itu pertama kali diamati di Inggris pada tahun 1999 dan sejak itu terus berlangsung hingga saat ini.

Studi baru dari University of Exeter dan Pusat Ekologi & Hidrologi Inggris menggunakan data dari British Dragonfly Society untuk melihat apakah hal itu telah menyebabkan populasi capung jarum dan capung asli menurun.

Hasilnya menunjukkan sebagian besar capung dan capung jarum asli lebih sering ditemukan atau tidak berubah di daerah yang dijajah oleh capung jarum kecil bermata merah.

Namun, dua spesies capung jarum mungkin telah terpengaruh secara negatif, dan diperlukan lebih banyak penelitian untuk menyelidiki hal ini.

“Dengan meningkatnya pergeseran jangkauan secara global, kita perlu memahami apa dampak spesies yang baru tiba terhadap ekosistem,” kata Dr Regan Early, dari Pusat Ekologi dan Konservasi di Kampus Penryn Exeter di Cornwall.

“Dalam hal ini, tampaknya capung jarum kecil bermata merah telah memantapkan dirinya di Inggris tanpa merugikan spesies serupa.

"Ini mungkin paling kuat membangun dirinya di daerah dengan habitat yang baik, dan situs keanekaragaman hayati ini bisa menjadi penting untuk meningkatkan jumlah [spesies] penggeser jangkauan di masa depan."

Capung jarum bermata merah berbagi habitat baru dengan capung asli Inggris. (British Dragonfly Society)