Fosil Ikan dan Ammonoid Mengungkap Ekosistem Laut 250 Juta Tahun Lalu

By Ricky Jenihansen, Minggu, 12 Februari 2023 | 15:00 WIB
Foto lapangan sisa-sisa fosil ikan bernama Watsonulus, anggota Biota Guiyang. (Xu Dai)

Nationalgeographic.co.id—Para ahli paleontologi telah menemukan kumpulan fosil yang sangat terawetkan di Formasi Daye dekat Guiyang, Tiongkok. Dinamakan Biota Guiyang, kumpulan ini berasal dari 250,83 juta tahun yang lalu, hampir satu juta tahun setelah peristiwa kepunahan massal.

Temuan tersebut telah diterbitkan di jurnal Science dengan judul "A Mesozoic fossil lagerstätte from 250.8 million years ago shows a modern-type marine ecosystem."

Dijelaskan, pemulihan kehidupan dari kepunahan massal akhir Permian yang menghancurkan, yang memuncak sekitar 252,3 juta tahun yang lalu, merupakan periode evolusi yang penting.

Apakah keanekaragaman hayati harus dibangun kembali dari pemusnahan yang hampir punah atau dari refugia adalah masalah dugaan, tetapi pemulihan menandai perkembangan ekosistem modern yang dapat dikenali.

Temuan tersebut menyajikan contoh beragam, yaitu fosil ikan, ammonoid, bivalvia, protista, dan arthropoda malacostracan (kelas dari anggota hewan tak bertulang belakang) yang hidup 250 juta tahun yang lalu.

Kepunahan massal akhir-Permian, juga dikenal sebagai peristiwa kepunahan Permian-Trias dan Kematian Besar, adalah peristiwa kepunahan paling parah dalam 540 juta tahun terakhir.

Bencana ini, yang memuncak sekitar 252,3 juta tahun yang lalu, membunuh hampir 96% dari semua spesies laut dan 70% spesies vertebrata darat di planet ini selama ribuan tahun.

Letusan besar-besaran dalam sistem gunung berapi yang disebut Siberian Traps diperkirakan memainkan peran penting, tetapi pemicu penyebab dan umpan baliknya belum sepenuhnya dipahami.

Pemulihan kehidupan laut setelah kepunahan dan selama zaman Trias Awal secara luas dianggap sebagai periode utama perubahan evolusioner yang meletakkan dasar bagi ekosistem yang mendominasi lautan saat ini.

Ilustrasi yang menggambarkan permulaan kepunahan massal akhir Permian. (Plummer et al.)

Namun, karena kelangkaan fosil laut sejak periode kritis ini, evolusi biota laut setelah kepunahan massal kurang dipahami.

“Fosil-fosil di wilayah Guizhou mengungkapkan ekosistem laut dengan beragam spesies yang membentuk rantai makanan kompleks yang mencakup tumbuhan, ikan bertulang, ikan bersirip pari, kepiting, lobster, udang, dan moluska,” kata Morgann Perrot, ahli paleontologi di Université du Québec à Montréal.