Siapa Putri-Putri Zeus yang Paling Terkenal dalam Mitologi Yunani?

By Sysilia Tanhati, Minggu, 12 Februari 2023 | 15:30 WIB
Sepanjang hidupnya, Zeus memiliki banyak kisah asmara. Hubungan asmaranya itu menghasilkan banyak keturunan. Banyak dari putra dan putrinya menjadi dewa-dewi terkenal dan terkuat. (Philippe Laurent Roland)

Nationalgeographic.co.id - Dewa Mitologi Yunani Zeus yang agung memiliki kehidupan yang kaya dan penuh warna. Tidak hanya dewa petir dan langit, Zeus juga Raja Gunung Olympus yang memerintah semua dewa yang tinggal di Olympus.

Sepanjang hidupnya, Zeus memiliki banyak hubungan cinta dan menjadi ayah dari 100 anak yang mengesankan. Keturunannya mewarisi kekuatan magis sang dewa, putri Zeus bahkan menjadi dewi yang kuat dan terkenal dalam mitologi Yunani.

Berikut kisah putri-putri Zeus yang paling terkenal itu.

Eileithyia, putri Zeus dan Hera

Dewi Yunani Eileithyia adalah putri Zeus dan Hera. Eileithyia tumbuh dewasa menjadi dewi persalinan. “Hewan sucinya adalah sapi dan burung merak,” ungkap Rosi Lesso di laman The Collector.

Dia dikenal membantu persalinan yang aman bak bidan di zaman modern. Sang dewi menuntun bayi dari kegelapan ke cahaya.

Eileithyia bahkan memiliki kekuatan untuk mencegah atau menunda persalinan pada korban. Untuk melakukannya, ia menyilangkan kedua kakinya rapat-rapat dan menganyamkan jari-jarinya di sekelilingnya.

Ibu Eileithyia, Hera, pernah menggunakan keterampilan ini untuk keuntungannya sendiri. Saat itu, Hera kesal dan cemburu pada Alcmene yang dihamili suaminya Zeus selama perselingkuhan terlarang.

Hera membujuk Eileithyia untuk memperpanjang persalinannya selama berhari-hari untuk membuatnya benar-benar menderita. Namun karena dikejutkan oleh sang pelayan, bayi itu lahir dan diberi nama Hercules.

Persephone, dewi musim semi

Persephone adalah putri Zeus dan Demeter, keduanya adalah dewa-dewi Olympus. Dari sekian banyak putri Zeus, Persephone adalah salah satu dari sedikit yang memiliki ibu seorang dewi.

Namun, terlepas dari keturunan yang mengesankan ini, Persephone tidak lolos sebagai salah satu dari 12 dewa Olympus. Namun, Persephone tumbuh menjadi dewi musim semi yang cantik, panen dan kesuburan.