Hercules dan Kematiannya yang Mengenaskan di Depan Istri Kedua

By Hanny Nur Fadhilah, Selasa, 14 Februari 2023 | 17:00 WIB
Hercules dan Deianira, dengan centaur Nessus yang sekarat. (Wikimedia)

Nationalgeographic.co.id—Hercules terlahir sebagai setengah dewa dari dewa Yunani Zeus dan seorang wanita fana Alcmene. Karena ayahnya yang abadi, dia adalah seorang dewa dan memiliki kekuatan manusia super.

Dikutip Theoi, Hercules dikenal sebagai salah satu pahlawan terbesar dalam mitologi Yunani, karena kisahnya mencakup ketekunan, tragedi, dan pengkhianatan. Apalagi kematiannya yang tragis di depan istri keduanya, Deianira.

Untuk mengetahui bagaimana Hercules meninggal, kita harus tahu bagaimana dia hidup. Kehidupan Hercules tidaklah mudah, yang akan menjadi pertanda kematiannya yang terlalu dini.

Hercules dibenci oleh Hera

Hera, dewi pernikahan Yunani, menikah dengan Zeus ketika dia berselingkuh dengan wanita fana Alcmene. Karena Hercules lahir dari perselingkuhannya, Hera terus-menerus diingatkan akan perselingkuhan Zeus, dan dia membenci Hercules karenanya.

Hera berusaha menghancurkan Hercules sejak dia masih bayi. Hera mengirim ular ke buaian tempat bayi Hercules terbaring, berharap mereka akan menghancurkannya. Indikasi pertama kekuatan manusia super Hercules datang ketika dia mencekik ular saat mereka memasuki buaiannya.

Hercules tumbuh menjadi seorang pria, bertarung dalam pertempuran, dan menikahi putri seorang raja. Pernikahannya dengan Megara akan menjadi langkah pertama yang berujung pada kematian Hercules.

Hera Mengirim Kegilaan pada Hercules

Suatu malam saat Hercules pergi, ayah Megara, Raja Creon, dibunuh oleh penyerbu Lycus dari Euboea. Lycus sekarang berusaha memaksakan diri pada Megara. Hercules diperingatkan oleh para dewa dan mampu bergegas pulang dan membunuh Lycus. Ketika Lycus telah meninggal, Hercules meluangkan waktu untuk berdoa kepada para dewa dan berterima kasih kepada mereka karena mengizinkannya pulang tepat waktu untuk menyelamatkan istrinya dari Lycus.

Saat dia berdoa, Hera mendatangi Hercules dan membuatnya gila. Hera membuat Hercules percaya bahwa Lycus masih ada di rumah dalam bentuk anak laki-lakinya dan bahwa Megara sebenarnya adalah Hera yang mencoba membunuh Hercules lagi. Untuk mempertahankan dirinya dan keluarganya, Hercules harus membunuh mereka semua.

Benar-benar mempercayai kebohongan yang ditempatkan Hera di kepalanya, Hercules membunuh istri dan ketiga putranya, mengira mereka adalah Lycus dan Hera. Ketika dia terbangun dari kegilaannya, dia dilanda kesedihan dan mencari jawaban dari dewa Yunani Apollo. Apollo menyuruh Hercules mengunjungi Raja Eurystheus untuk melayaninya.

Raja Eurystheus akan memberi tahu Hercules bahwa dia harus menyelesaikan 12 pekerjaan untuk bertobat atas apa yang telah dia lakukan pada keluarganya.