Dunia Hewan: Unik, Ikan Ini Dapat Mengenali Dirinya Sendiri dalam Foto

By Wawan Setiawan, Selasa, 14 Februari 2023 | 18:00 WIB
Di dunia hewan, ikan ini dikenal sebagai ikan pembersih, Labroides dimidiatus adalah spesies ikan yang unik dan sangat cerdas. (Rick Stuart-Smith)

Nationalgeographic.co.id—Sebuah tim peneliti dunia hewan yang dipimpin oleh Profesor Masanori Kohda yang Diangkat Secara Khusus dari Sekolah Pascasarjana Sains di Universitas Metropolitan Osaka telah menunjukkan bahwa ikan berpikir "ini aku" ketika mereka melihat diri mereka dalam sebuah gambar.

Para peneliti menemukan bahwa faktor penentu bukanlah melihat tubuh mereka sendiri tetapi melihat wajah mereka. Temuan unik ini telah dipublikasikan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences pada 6 Februari 2023 dengan judul “Cleaner fish recognize self in a mirror via self-face recognition like humans.”

Dalam studi ini, percobaan yang relevan dilakukan dengan Labroides dimidiatus, umumnya dikenal sebagai ikan pembersih. Ikan ini dikenal mampu mengenali diri mereka sendiri di cermin dan secara teratur menyerang ikan pembersih asing lainnya yang mengganggu wilayah mereka.

Ikan pembersih (Labroides dimidiatus) merupakan salah satu dari beberapa spesies ikan laut dengan bibir tebal dan gigi kuat. Biasanya berwarna cerah dengan perbedaan mencolok antara jantan dan betina.

Ikan ini umumnya ditemukan di terumbu karang dari Afrika Timur dan Laut Merah hingga Polinesia Prancis. Untuk pertama kalinya ikan ini pernah ditemukan di Iran (Teluk Persia, Pulau Kish).

Seperti ikan pembersih lainnya, ia memakan parasit dan jaringan mati dari kulit ikan yang lebih besar dalam hubungan mutualistik yang menyediakan makanan dan perlindungan bagi diri mereka sendiri.

Beberapa ikan ada juga yang meniru mereka. Misalnya, spesies blenny yang disebut Aspidontus taeniatus telah berevolusi dengan perilaku yang sama merobek potongan kecil daging dari ikan yang lebih besar.

Ikan pembersih sangat berguna. Ikan ini dapat menghilangkan ektoparasit dan mengurangi hormon stres untuk beberapa spesies ikan karang, dan keberadaannya di terumbu karang meningkatkan kelimpahan dan keragaman ikan.

Ikan ini juga cerdas. Mereka bergabung dengan manusia, simpanse, lumba-lumba, dan beberapa hewan terpilih lainnya yang dapat lulus tes kecerdasan lama. Ini hampir otomatis - jika Anda melihat noda saat melihat ke cermin, Anda pasti akan menghapusnya. Begitu kira-kira salah satu kebiasaan yang dilakukan ikan ini.

'Ini aku!' Ikan ini mengenali dirinya sendiri dalam foto, kata para ilmuwan. (Masanori Kohda )

Ikan pembersih (L. dimidiatus) memiliki kemampuan pengenalan diri dengan melihat bayangannya sendiri di cermin. (Taiga Kobayashi)

Melalui studi baru ini, terungkap hal cerdas lainnya yang dimiliki oleh ikan pembersih. Dalam eksperimen, setiap ikan pembersih disajikan empat foto, yaitu foto diri mereka sendiri; foto pembersih yang tidak dikenal; foto wajah mereka sendiri di tubuh pembersih yang tidak dikenal; dan foto wajah pembersih asing di tubuh mereka sendiri.