Pohon Zaitun dan Perubahan Iklim: Efek Naiknya Suhu ke Minyak Zaitun

By Wawan Setiawan, Rabu, 15 Februari 2023 | 17:00 WIB
Orang tua terlihat sedang memukul pohon zaitun saat musim panen di Lebanon. (JSK / Alamy Stock Photo)

Nationalgeographic.co.id—Pohon zaitun di Lebanon secara historis terkenal dengan minyak zaitun berkualitas tinggi yang mereka hasilkan. Namun, saat ini berada di bawah ancaman kenaikan suhu. Demikian menurut temuan penelitian baru para ilmuwan.

Pemanasan global tak bisa disangkal lagi telah menimbulkan banyak sekali dampak yang merugikan. Emisi karbon dioksida yang meningkat membuat efek gas rumah kaca semakin meningkatkan suhu Bumi. Hal ini pun dirasakan oleh pohon zaitun.

Zaitun pertama kali didomestikasi sekitar 7.000 tahun yang lalu di Timur Tengah. Minyak zaitun telah menjadi makanan pokok Mediterania dan saat ini mendorong industri global senilai triliunan rupiah. Di Lebanon, pohon zaitun rata-rata berumur 150 tahun, dan menempati hampir seperempat permukaan pertanian negara itu.

Penelitian baru, yang diterbitkan 26 Januari di jurnal Nature Plants bertajuk “Climate change threatens olive oil production in the Levant”, menyajikan data serbuk sari selama 5.400 tahun yang dikumpulkan di kota Tirus di Lebanon.

Dalam studi tersebut, ditemukan bahwa produksi zaitun terkait erat dengan suhu selama ribuan tahun, dan mengungkapkan suhu optimal untuk pertumbuhan zaitun adalah 16,9 derajat C.

Para peneliti berpendapat bahwa buah zaitun yang diproduksi di Tirus "dicari" pada zaman kuno karena "nilai gizinya yang tinggi dan rasanya yang enak". Hal ini berkat iklim kotanya yang kering.

Namun, mereka memperingatkan bahwa kenaikan suhu akan memiliki "konsekuensi yang merugikan" pada pertumbuhan pohon zaitun pada pertengahan abad. Terutama di wilayah selatan negara itu, yang akan menjadi "terlalu panas" untuk pembungaan dan pembuahan yang optimal.

Lambang PBB di Balai Pertemuan Kantor PBB di Jenewa. Lambang PBB menampilkan dua cabang zaitun, sebagai simbol perdamaian. (Gonzales Photo / Alamy Stock Photo)

“Pohon zaitun membentuk bagian penting dari warisan budaya Lebanon, memberikan rasa persatuan dan kepemilikan di negara yang tersegmentasi secara politis”, kata Raed Hamed seorang ilmuwan Lebanon, yang tidak terlibat dalam penelitian tersebut. Ia adalah seorang mahasiswa PhD di Vrije Universiteit Amsterdam, yang mempelajari dampak variabilitas iklim terhadap produksi tanaman pokok.

Hamed adalah warga negara Lebanon. Dia memperingatkan bahwa perubahan iklim terhadap produksi zaitun akan berdampak negatif terhadap budaya dan ekonomi negara, pada saat "keduanya sangat dibutuhkan".

Zaitun adalah salah satu spesies tertua yang dibudidayakan di dunia. Zaitun pertama kali didomestikasi sekitar 7.000 tahun yang lalu di Levant. Ini adalah area yang secara umum didefinisikan terdiri dari Libanon, Suriah, Irak, Palestina, Israel, dan Yordania saat ini.

Zaitun dengan cepat menjadi tulang punggung perdagangan dan perdagangan dari Mediterania ke Iran barat. Perdagangan minyak zaitun berkembang pesat selama Zaman Perunggu, sekitar 3300-1200 SM, dan zaitun segera menjadi simbol perdamaian dan spiritualitas, memegang kepentingan budaya dalam masyarakat kuno mulai dari Mesir hingga Yunani.