Inilah Geb, Dewa Mesir Kuno Ciptakan Gempa Bumi lewat Tertawa

By Hanny Nur Fadhilah, Senin, 20 Februari 2023 | 12:00 WIB
Geb dikenal sebagai dewa bumi bagi orang Mesir Kuno. (Wikimedia Commons)

Nationalgeographic.co.id—Geb dikenal sebagai dewa bumi bagi orang Mesir Kuno. Meskipun namanya diterjemahkan menjadi ‘yang lemah’ atau ‘yang lumpuh’, Geb dianggap sebagai salah satu raja perkasa para dewa Mesir.

Dia melindungi dewa matahari saat menjadi penumpang di kapal matahari besar, dan juga bertugas membimbing almarhum ke alam baka dan menyediakan bekal seperti daging dan minuman untuk jiwa-jiwa yang bepergian.

Nama Geb sering dipanggil untuk menyembuhkan orang sakit. Terutama yang terserang penyakit yang disebabkan oleh unsur alam, seperti sengatan kalajengking dan masuk angin.

Peran Geb dalam masyarakat Mesir tidak terbatas sebagai salah satu dewa terkuat. Geb yang legendaris sering dianggap ambivalen dengan pemuja manusianya, menciptakan gempa bumi dengan tawa dan kekeringannya tanpa alasan.

Sebagai dewa bumi, dia membuat gurun besar yang tidak ramah yang mengisolasi Mesir dari dunia kuno lainnya. Tapi Geb juga bisa menjadi dewa yang baik.

Dia menciptakan tanah yang subur di sekitar Sungai Nil. Di bawah pengaruh Geb, orang percaya akan diberkati dengan panen yang melimpah untuk menggemukkan ternak mereka.

Meskipun asal muasal mitos Geb tidak jelas, banyak sarjana setuju bahwa semangat religius dewa terpusat di kota Heliopolis. Terletak di dekat ibu kota modern Mesir, Kairo, Heliopolis berasal, mengadopsi, dan menyebarkan mitos penciptaan Mesir Kuno yang kemudian berkembang dari semua narasi.

Ringkasnya, mitos penciptaan menggambarkan permulaan keberadaan melalui dewa hermafrodit, Atum. Atum adalah raja asli dan pencipta para dewa.

Dewa bumi Mesir berafiliasi dengan banyak legenda yang melibatkan masyarakat kuno. Dalam mitos penciptaan Heliopolis, Geb diciptakan oleh orang tuanya dan kemudian jatuh cinta dengan adiknya, Nut, dewi langit.

Shu, ayah Geb dan dewa udara, marah karena hal ini dan secara fisik memisahkan keduanya dengan menempatkan dirinya di antara mereka. Legenda ini menjelaskan mengapa udara (Shu) memisahkan bumi (Geb) dan langit (Nut).

Legenda lain seputar dewa Mesir Geb melibatkan konflik antara dua keturunannya yaitu Set dan Horus. Saudara-saudara berjuang untuk menguasai Mesir.

Ketika pertikaian menjadi menyusahkan Geb, dia menenangkan kedua putranya dengan memberikan kekuasaan kepada masing-masing. Horus diberikan Mesir Hilir dan Set mempertahankan Mesir Hulu. Kisah penilaian adil Geb menginspirasi banyak orang Mesir dan memengaruhi teknik mediasi modern.