Sebelum Pemanasan Global, Bumi Mendingin atau Memanas? Masih Misteri

By Wawan Setiawan, Selasa, 21 Februari 2023 | 16:00 WIB
Sebelum pemanasan global, apakah Bumi mendingin atau memanas? Model iklim dan buktinya menunjukkan hal yang berbeda. (Bizz Buzz)

Nationalgeographic.co.id—Ketika berbicara tentang pemanasan global, tentunya kita menyadari bahwa hal tersebut telah menimbulkan efek yang sudah kita rasakan. Terutama pada perubahan iklim yang semakin tidak menentu.

Peneliti biasanya menggunakan model iklim untuk menentukan perubahan apa yang sedang berlangsung. Model iklim yang akurat memainkan peran penting dalam ilmu dan kebijakan iklim.

Dalam menguji keakuratannya, model diprogram untuk mensimulasikan iklim masa lalu untuk melihat apakah sesuai dengan bukti geologis atau tidak. Simulasi model dapat bertentangan dengan bukti yang ada. Lalu, bagaimana kita bisa tahu mana yang benar?

Sebuah makalah diterbitkan 15 Februari di jurnal Nature membahas konflik antara model dan bukti ini, yang dikenal sebagai teka-teki suhu global Holosen.

Penulis utama studi tersebut adalah Darrell Kaufman, seorang profesor di School of Earth and Sustainability, dan rekan peneliti pascadoktoral Universitas Arizona, Ellie Broadman. Mereka menganalisis sejumlah besar data yang tersedia dari 12.000 tahun terakhir untuk memecahkan teka-teki tersebut.

Studi ini didasarkan pada pekerjaan yang dilakukan Kaufman yang dimasukkan dalam laporan iklim utama terbaru oleh Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim (IPCC). Mereka melihat apakah suhu rata-rata global 6.500 tahun yang lalu lebih hangat, seperti yang ditunjukkan oleh bukti proksi dari arsip alami informasi iklim masa lalu.

Atau lebih dingin, seperti yang disimulasikan oleh model, dibandingkan dengan akhir abad ke-19, ketika Revolusi Industri menyebabkan peningkatan pemanasan yang disebabkan oleh manusia secara signifikan.

Penilaian komprehensif ini menyimpulkan bahwa suhu rata-rata global sekitar 6.500 tahun yang lalu kemungkinan besar lebih hangat dan diikuti oleh tren pendinginan multi-milenial yang berakhir pada tahun 1800-an. Namun, mereka mengingatkan, ketidakpastian masih ada meskipun studi terbaru mengklaim telah memecahkan teka-teki tersebut.

Arsip alam umumnya menunjukkan bahwa suhu rata-rata bumi kira-kira 6.500 tahun yang lalu lebih hangat sekitar 0,7 Celcius dibandingkan dengan median abad ke-19, dan kemudian mendingin secara bertahap hingga Revolusi Industri. (Pixabay/CC0 Public Domain)

“Mengukur suhu rata-rata bumi di masa lalu, ketika beberapa tempat menghangat sementara yang lain mendingin, merupakan tantangan. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk memecahkan teka-teki tersebut,” kata Kaufman. “Tapi melacak perubahan suhu rata-rata global itu penting karena itu adalah metrik yang sama yang digunakan untuk mengukur laju pemanasan yang disebabkan oleh manusia dan untuk mengidentifikasi target yang dinegosiasikan secara internasional untuk membatasinya.”

Kaufman menambahkan, “Secara khusus, tinjauan kami mengungkapkan betapa mengejutkannya sedikit yang kita ketahui tentang variabilitas iklim yang bergerak lambat, termasuk kekuatan yang sekarang digerakkan oleh manusia yang akan terjadi saat permukaan laut naik dan permafrost mencair selama ribuan tahun mendatang.”

“Satu hal yang menarik adalah bahwa temuan kami menunjukkan dampak perubahan regional terhadap suhu rata-rata global. Perubahan lingkungan di beberapa wilayah Bumi, seperti penurunan es laut Arktika atau perubahan tutupan vegetasi di tempat yang sekarang menjadi gurun yang luas, dapat menyebabkan umpan balik yang memengaruhi planet ini secara keseluruhan,” jelas Broadman.