Arktika Kehilangan Es Laut dengan Cepat, Sungai Atmosfer Penyebabnya?

By Wawan Setiawan, Kamis, 23 Februari 2023 | 09:00 WIB
Es laut di lepas desa Alaska Kotzebue. (Courtesy Lamont-Doherty Earth Observatory)

Nationalgeographic.co.id—Sungai atmosfer adalah koridor sempit atau filamen uap air yang terkonsentrasi di atmosfer. Nama lain untuk fenomena ini adalah tropical plume, tropical connection, moisture plume, water vapor surge, dan cloud band.

Sungai atmosfer adalah bagian alami dari sistem cuaca global kita, dan berpotensi mulai berubah frekuensinya karena perubahan iklim.

Arktika dengan cepat kehilangan es laut, bahkan selama bulan-bulan musim dingin, ketika suhu di bawah titik beku dan es seharusnya pulih dari pencairan musim panas. Studi baru yang diterbitkan 6 Februari di jurnal Nature Climate Change telah menemukan bahwa sistem badai kuat yang disebut sungai atmosfer ikut bertanggung jawab dalam hal ini.

Menurut studi tersebut, menemukan bahwa mereka semakin mencapai Arktika di musim dingin, memperlambat pemulihan es laut dan menyebabkan sepertiga dari semua penurunan es laut musim dingin.

“Penurunan es laut Arktika adalah salah satu bukti pemanasan global yang paling jelas dari beberapa dekade terakhir,” kata penulis utama Pengfei Zhang dari Penn State University. “Meskipun suhu di Kutub Utara jauh di bawah titik beku, penurunan es laut di musim dingin masih sangat signifikan. Dan penelitian kami menunjukkan bahwa atmosfer sungai adalah salah satu faktor untuk memahami alasannya.”

Sungai atmosfer membawa uap air dalam jumlah besar dalam sistem badai sempit seperti pita yang dapat membentang sejauh ribuan kilometer. Ini dapat menghasilkan curah hujan dan banjir yang ekstrem saat mendarat.

Badai ini secara teratur berdampak pada daerah pesisir garis lintang tengah seperti California, di mana peristiwa sungai atmosfer pada bulan Januari menurunkan hujan dalam jumlah besar, mengakibatkan banjir yang dahsyat.

Foto satelit diambil tepat sebelum jam 2 siang. Waktu Pasifik menunjukkan semburan uap besar yang membentang dari Pasifik tengah ke pantai California. (NOAA and Los Angeles Times)

Dengan menggunakan pengamatan satelit dan simulasi model iklim, para ilmuwan menemukan bahwa pemanasan yang disebabkan oleh manusia telah meningkatkan laju badai sungai atmosfer di Kutub Utara.

Ilmuwan juga menemukan bahwa satu mode utama variabilitas iklim alami - yang disebut Interdecadal Pacific Oscillation - juga telah berkontribusi dalam beberapa tahun terakhir terhadap perubahan sungai atmosfer. Efeknya terlihat jelas selama musim dingin yang menumbuhkan es di laut Barents dan Kara di lepas pantai utara Norwegia dan Rusia.

“Kami sering berpikir bahwa penurunan es laut Arktika adalah proses bertahap,” kata rekan penulis studi L. Ruby Leung dari Pacific Northwest National Laboratory. “Studi ini penting karena menemukan penurunan es laut disebabkan oleh peristiwa cuaca ekstrem episodik, [yang] telah terjadi lebih sering dalam beberapa dekade terakhir sebagian karena pemanasan global.”

Kelembaban hangat yang dibawa oleh badai ini meningkatkan apa yang oleh para ilmuwan disebut radiasi gelombang panjang ke bawah, atau panas yang dipancarkan kembali ke bumi dari atmosfer. Itu juga menghasilkan hujan. Fenomena mana pun dapat mencairkan lapisan es yang tipis dan rapuh yang biasanya tumbuh kembali selama bulan-bulan musim dingin.