Putra-Putra Dewa Zeus yang Terkenal dalam Mitologi Yunani Kuno

By Sysilia Tanhati, Jumat, 24 Februari 2023 | 12:00 WIB
Selain sebagai dewa tertinggi, Zeus juga diketahui memiliki banyak pasangan. Dari hubungan asmara itu, lahirlah ratusan putra dan putri yang mewarisi kekuatan sang ayah. (National Archaeological Museum)

 

Nationalgeographic.co.id—Dalam mitologi Yunani kuno, Zeus adalah dewa langit dan guntur yang maha kuasa. Ia memerintah sebagai raja Gunung Olympus dan pemimpin semua dewa. Selain sebagai dewa tertinggi, Zeus juga diketahui memiliki banyak pasangan. Dari hubungan asmara itu, lahirlah ratusan putra dan putri yang mewarisi kekuatan sang ayah. Berikut daftar putra Zeus yang terkenal dalam mitologi Yunani kuno.

Apollo, putra Zeus yang paling dikenal

“Dari semua putra Zeus, Apollo mungkin yang paling terkenal,” tulis Rossie Lesso di laman The Collector.

Apollo dikandung selama perselingkuhan antara Zeus dan Leto (Zeus menikah dengan Hera pada saat itu). Ia memiliki saudara kembar bernama Artemis.

Seperti pepatah buah jatuh tidak jauh dari pohonnya, Apollo ternyata sangat mirip ayahnya. Ia tampil dominan dalam banyak mitos Yunani dan menikmati serangkaian hubungan asmara yang biasanya berakhir buruk. (Simon Floquet)

Ketika dia dewasa, Apollo menjadi dewa matahari, cahaya, musik, dan puisi Yunani. Tidak hanya itu, putra Zeus ini juga dikenal sebagai dewa pemanah, pertanian, penyembuhan, ramalan, ketertiban, dan keindahan.

Ia kerap digambarkan dalam seni dan sastra sebagai pria yang ideal, dengan tubuh yang kuat, berotot, dan atletis.

Seperti pepatah “buah jatuh tidak jauh dari pohonnya”, Apollo ternyata sangat mirip ayahnya. Ia tampil dominan dalam banyak mitos Yunani dan menikmati serangkaian hubungan asmara yang biasanya berakhir buruk.

Ares, anak Zeus yang paling liar

Jika sebagian putra-putri Zeus tampak cukup baik, Ares justru sebaliknya. “Merupakan putra Zeus dan Hera, Ares benar-benar anak liar,” kata Lesso.

Ia kerap menyebabkan malapetaka dan kehancuran yang sembrono ke mana pun dia pergi. Ares tumbuh menjadi dewa perang Yunani, mempersonifikasikan semua kemarahan yang merupakan aspek terburuk dari pertempuran dan konflik.

Tidak ada yang secara khusus menyukai Ares karena sang dewa jarang menunjukkan rasa hormat kepada orang-orang di sekitarnya. Bahkan Zeus, ayahnya sendiri, mengancam Ares bahwa dia akan melemparkannya ke Tartarus jika dia bukan putranya.