Penemuan Spesies Baru Ikan Predator Raksasa Berusia 36 Juta Tahun

By Ricky Jenihansen, Senin, 27 Februari 2023 | 09:00 WIB
Rekonstruksi spesies baru ikan predator raksasa. (Rob Gess)

Nationalgeographic.co.id—Para ahli paleontologi di Uppsala University melaporkan telah menemukan spesies baru ikan predator raksasa. Ikan tersebut hidup 360 juta tahun yang lalu di tepat yang sekarang dikenal sebagai Afrika Selatan.

Temuan tersebut telah dijelaskan di jurnal PLoS ONE dengan judul "A high latitude Gondwanan species of the Late Devonian tristichopterid Hyneria (Osteichthyes: Sarcopterygii)."

Spesies baru ikan predator tersebut termasuk dalam kelompok tristichopterid dan diidentifikasi dapat tumbuh hingga sepanjang 3 m (10 kaki) dan termasuk dalam genus Hyneria yang telah punah.

pesies baru ini adalah anggota Tristichopteridae, kelompok ikan tetrapodomorph yang beragam dan sukses yang ada sepanjang zaman Devonian Tengah dan Akhir.

Dalam kelompok ini ukuran berkisar dari beberapa puluh sentimeter (genus Tristichopterus) hingga beberapa meter (Hyneria dan Eusthenodon).

“Ikan Tristichopterid mewakili kelompok saudara dari elpistostegalians dan tetrapoda penghubung digit,” kata Robert Gess dari Museum Albany dan Departemen Geologi di Universitas Rhodes dan Profesor Per Ahlberg dari Departemen Biologi Organisme di Uppsala University.

"Mereka mencapai distribusi di seluruh dunia selama bagian akhir periode Devonian, sebelum punah selama peristiwa kepunahan massal Devonian akhir."

“Spesies yang paling dikenal telah ditemukan baik dari sedimen Euramerica tropis hingga subtropis atau secara bergantian dari Australia yang, menjelang akhir Devonian, membentuk tepi utara lintang rendah Gondwana," peneliti menambahkan.

Beberapa spesimen fosil Hyneria udlezinye ditemukan di lagerstätte lintang tinggi Gondwana di Peternakan Waterloo dekat Makhanda/Grahamstown di Afrika Selatan.

ekonstruksi komponen non-laut dari ekosistem Waterloo Farm: Hyneria udlezinye ditampilkan bersama dengan tetrapoda Umzantsia amazana, Tutusius umlambo dan lainnya. (Maggie Newman / R.W. Gess)

Bahan yang diawetkan terdiri dari sebagian besar tengkorak kulit, rahang bawah, penutup insang dan korset bahu.

"Bahan Hyneria dari Peternakan Waterloo sebagian besar terdiri dari tulang kulit, meskipun beberapa elemen kerangka aksial dan sirip berpasangan juga diawetkan," kata ahli paleontologi.