James Webb Menguak Galaksi Kaya Logam yang Tersembunyi di Semesta Awal

By Wawan Setiawan, Sabtu, 4 Maret 2023 | 14:00 WIB
Para astronom merekonstruksi bentuk sebenarnya dari galaksi SPT0418-47, dari pengamatan ALMA terhadap pandangan galaksi yang menggunakan lensa gravitasi. (ALMA (NRAO/ESO/NAOJ)/Martin Kornmesser (ESO))

Nationalgeographic.co.id - Saat menganalisis data dari gambar pertama galaksi awal yang terkenal yang diambil oleh James Webb Space Telescope (JWST) NASA, para astronom Universitas Cornell menemukan galaksi pendamping yang sebelumnya tersembunyi.

Galaksi tersebut berada di balik cahaya galaksi latar depannya. Tampaknya, galaksi tersebut sudah ada dan menampung beberapa generasi bintang meskipun usianya masih muda, diperkirakan berusia 1,4 miliar tahun.

"Kami menemukan galaksi ini sangat berlimpah secara kimiawi, sesuatu yang tidak seorang pun dari kami harapkan," kata Bo Peng, seorang mahasiswa doktoral di bidang astronomi, yang memimpin analisis data dan sebagai penulis utama studi ini. "JWST mengubah cara kita melihat sistem ini dan membuka tempat baru untuk mempelajari bagaimana bintang dan galaksi terbentuk di awal alam semesta."

Temuan ini telah diterbitkan di Astrophysical Journal Letters pada 17 Februari 2023 dengan judul “Discovery of a Dusty, Chemically Mature Companion to a z ∼ 4 Starburst Galaxy in JWST ERS Data.”

“Gambar sebelumnya yang diambil oleh Atacama Large Millimeter/submillimeter Array (ALMA) di Cili berisi petunjuk tentang galaksi pendamping ini yang kemudian diselesaikan dengan jelas oleh JSWT. Akan tetapi tidak dapat ditafsirkan sebagai apa pun selain suara acak,” kata Amit Vishwas, rekan peneliti di Cornell Center for Astrophysics and Planetary Sciences (CCAPS) dan penulis kedua makalah tersebut.

Tim tersebut memperkirakan galaksi pendamping, yang mereka beri label SPT0418-SE, berada dalam jarak 5 kiloparsec dari SPT0418-47. (Sebagai perbandingan, Awan Magellan, satelit Bimasakti berjarak sekitar 50 kiloparsec.) Jarak yang dekat ini menunjukkan bahwa galaksi-galaksi terikat untuk berinteraksi satu sama lain dan bahkan berpotensi bergabung, sebuah pengamatan yang menambah pemahaman tentang bagaimana galaksi awal mungkin telah berevolusi menjadi yang lebih besar.

SPT0418-47 adalah salah satu galaksi pembentuk bintang berdebu paling terang di alam semesta awal, cahaya jauhnya dibelokkan dan diperbesar oleh gravitasi galaksi latar depan menjadi sebuah lingkaran, yang disebut cincin Einstein.

SPT0418-47 merupakan galaksi muda dan sangat jauh, ditemukan pada tahun 2020, yang sangat mirip dengan Bimasakti. Itu terletak pada jarak sekitar dua belas miliar tahun cahaya dari galaksi asal Bumi, Bimasakti.

James Webb Space Telescope (JWST) adalah teleskop ruang angkasa yang dirancang terutama untuk melakukan astronomi inframerah. Sebagai teleskop optik terbesar di luar angkasa. (Sara Rigby/Science Focus)

Kedua galaksi memiliki massa yang sederhana seperti galaksi di alam semesta awal, dengan label "SE" relatif lebih kecil dan tidak terlalu berdebu, membuatnya tampak lebih biru daripada cincin yang sangat tertutup debu.

Berdasarkan gambar galaksi terdekat dengan warna yang sama, para peneliti menyarankan bahwa mereka mungkin tinggal "dalam halo materi gelap masif dengan tetangga yang belum ditemukan."

Yang paling mengejutkan tentang galaksi pendamping, mengingat usia dan massanya, adalah metalisitasnya yang matang. Jumlah unsur yang lebih berat daripada helium dan hidrogen, seperti karbon, oksigen, dan nitrogen.