Bumi Berputar pada Porosnya, Dapatkah Kita Melihat Rotasinya?

By Ricky Jenihansen, Kamis, 2 Maret 2023 | 07:00 WIB
Pendulum Foucault berayun di Panthéon di Paris, Prancis pada 4 April 2016. (Chesnot / Contributor via Getty Images)

Nationalgeographic.co.id—Sudah menjadi pengetahuan umum, bahwa Bumi terus berputar pada porosnya, dari arah Barat ke Timur. Tetapi kita tidak dapat melihat Bumi berputar secara waktu nyata karena Bumi berputar sangat lambat.

Jika Bumi tidak berputar, tidak akan ada matahari terbit dan terbenam, dan tidak ada siang dan malam. Kita tidak bisa merasakan gerak rotasi Bumi atau melihat planet berputar saat kita menjalani kehidupan sehari-hari.

Tetapi apakah ada cara untuk memastikan rotasinya dari tanah? Dan mungkinkah melihat planet kita berputar dari suatu tempat di luar angkasa?

Jawabannya tergantung pada kerangka waktu dan perspektif Anda.

Bumi berputar terlalu lambat sehingga rotasinya tidak terlihat dari mana pun dalam waktu nyata. Dengan pengecualian video selang waktu, seperti yang dibuat oleh Badan Antariksa Amerika Serikat NASA menggunakan cuplikan dari kamera di Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Tidak mungkin untuk melihat Bumi bergerak karena hanya membuat satu revolusi setiap 24 jam. Itu sangat lambat, terlalu lambat untuk dideteksi oleh mata kita.

Namun, masih ada cara untuk membuktikan bahwa planet kita berputar tanpa harus meninggalkan Bumi, yaitu dengan mengamati posisi benda langit, misalnya.

"Cara termudah untuk mengamati rotasi Bumi adalah dengan mengamati gerakan nyata benda langit," kata Stephen Merkowitz, seorang ilmuwan dan manajer proyek di Pusat Penerbangan Antariksa Goddard NASA di Maryland, kepada Live Science.

Kita bisa (shunli zhao via Getty Images)

"Gerakan ini paling terlihat saat benda dekat dengan cakrawala di mana Anda memiliki bagian Bumi yang terlihat sebagai referensi."

Merkowitz mengatakan salah satu cara termudah untuk "melihat" Bumi bergerak adalah dengan melihat matahari terbenam. Posisi benda langit (matahari) berubah terhadap titik referensi tetap (cakrawala).

Saat Anda melihat matahari terbenam, lokasi Anda di Bumi secara bertahap berotasi menjauhi matahari, itulah sebabnya matahari tampak tenggelam ke cakrawala.