Paleontolog Merekonstruksi Kembali Spesies Hiu Jurassic yang Misterius

By Ricky Jenihansen, Jumat, 3 Maret 2023 | 14:00 WIB
Rekonstruksi lingkungan Kepulauan Solnhofen, menunjukkan Protospinax annectans yang berasosiasi dengan lingkungan. (Jambura et al.)

Nationalgeographic.co.id—Para ahli paleontologi dari University of Vienna telah merekonstruksi kembali spesies hiu jurassic yang misterius, yaitu Protospinax annectans. Spesies kontroversial tersebut dideskripsikan kembali berdasarkan spesimen yang baru ditemukan.

Spesies tersebut berasal dari Konservat-Lagerstätte Jurassic Akhir dari Kepulauan Solnhofen di Bavaria, Jerman. Temuan ini dipublikasikan di jurnal Diversity.

“Catatan fosil hiu dan pari (Elasmobranchii) sebagian besar terdiri dari gigi yang terisolasi, yang tumbuh dengan cepat dan terus menerus diganti,” kata Patrick Jambura, peneliti di Departemen Paleontologi di University of Vienna, dan rekannya.

"Sebaliknya, sisa-sisa kerangka jarang terjadi karena potensi pelestarian yang buruk dari endoskeleton tulang rawan."

“Namun, beberapa daerah, yang disebut Konservat-Lagerstätten, diketahui menyimpan bahan kerangka dengan pengawetan yang sangat baik, terkadang bahkan dengan pengawetan jaringan lunak dan, oleh karena itu, menawarkan jendela unik ke masa lalu.”

“Konservat-Lagerstätten utama untuk fosil elasmobranch (ikan bertulang rawan) adalah beberapa lokasi di Bavaria, Jerman, yang secara kolektif disebut sebagai Kepulauan Solnhofen.”

Dalam penelitian baru, Jambura dan rekannya meneliti spesimen kerangka fosil baru Protospinax annectans dari Konservat-Lagerstätte di Solnhofen Archipelago dan merevisi morfologi kerangka spesies ini.

Protospinax annectans membawa ciri-ciri yang ditemukan pada hiu dan pari saat ini,” kata Jambura.

“Spesies ini hidup sekitar 150 juta tahun yang lalu dan merupakan ikan bertulang rawan pipih dorso-ventral sepanjang 1,5 m dengan sirip dada yang melebar dan tulang belakang sirip yang menonjol di depan setiap sirip punggung.”

Terlepas dari pelestarian yang sangat baik dari spesimen yang diketahui sebelumnya, hubungan filogenetiknya dengan elasmobranch lain telah menjadi teka-teki sejak deskripsi pertama spesies ini pada tahun 1918.

Bahan kerangka fosil baru annectans Protospinax dianalisis oleh Jambura et al. (Jambura et al.)

"Yang menarik adalah apakah Protospinax annectans mewakili transisi antara hiu dan pari sebagai mata rantai yang hilang, sebuah hipotesis yang telah mendapatkan daya tarik yang cukup besar di antara para ahli selama 25 tahun terakhir," katanya.