Mengungkap Misteri Simbol dari Para Dewa Yunani Kuno, Apa Saja?

By Hanny Nur Fadhilah, Sabtu, 4 Maret 2023 | 08:00 WIB
12 Olympian adalah dewa utama Yunani kuno yang tinggal di gunung Olympus. (History Junkie)

Nationalgeographic.co.id – Dua belas Olympian adalah dewa utama yang tinggal di Gunung Olympus. Mereka memiliki kekuatannya masing-masing dan mempunyai simbol berbeda.

Penting untuk diketahui bahwa beberapa versi mitologi Yunani menyebut Hestia sebagai Olympian ke-12, sedangkan versi lain mengatakan Dionysus-lah sebagai dewa ke-12 seperti dilansir Theoi. Jadi, apa makna simbol dari setiap dewa Yunani kuno?

Zeus, dewa langit Yunani mempunyai lambing petir/halilintar, elang, angsa, awan, banteng, dan pohon ek.

Faktanya, Zeus akan menggunakan sambaran petir atau halilintar untuk menimbulkan rasa sakit atau kematian pada musuh-musuhnya. Dia juga akan berubah menjadi berbagai makhluk, seperti elang, angsa, atau banteng. Pohon ek melambangkan kebijaksanaan agung yang dimiliki Zeus.

Hermes, dewa perdagangan Yunani, pedagang, pelancong, olahraga, dan atlet. Caduceus (tongkat dengan ular terjalin), sepatu bersayap, topi bersayap, dan cangkang kura-kura. 

Faktanya, Hermes adalah dewa perjalanan, jadi dia sering dikaitkan dengan alat transportasi, seperti sepatu bersayap dan topi bersayap.

Hera, dewi pernikahan Yunani atau ratu para dewa sering dikaitkan dengan mahkota, delima, merak, dan sapi. Faktanya Hera adalah ratu para dewa dan sering dihiasi dengan diadem atau mahkota. Hewan sucinya adalah burung merak dan sapi.

Hestia, dewi Yunani perapian dan rumah. Dia adalah salah satu dari tiga dewi perawan. Hestia selalu menyalakan api di Gunung Olympus, dan makanan selalu disiapkan atas namanya untuk pengorbanannya.

Dionysus, sang dewa anggur Yunani digambarkan dengan anggur, ivy, thyrsus ivy, dan kerucut pinus. Faktanya, Dionysus dianggap sebagai orang luar dari 12 Olympian karena dia memiliki ibu yang fana. Walaupun ayahnya adalah Zeus, memiliki ibu fana membuat Dionysus merasa terpisah dari yang lain.

Poseidon, dewa laut Yunani mempunyai lambang trisula. Faktanya, Poseidon berperan dalam banyak mitos Yunani, termasuk hubungannya dengan Medusa dan kemarahannya dengan Odysseus.

Aphrodite, dewi cinta, kecantikan, kesenangan Yunani sering dikaitkan dengan  apel emas, burung merpati, angsa, dan cangkang kerang. Nyatanya Aphrodite bisa membuat orang jatuh cinta dengan mengenakan sabuk sucinya. Hera termasuk di antara mereka yang meminjam ikat pinggang itu.

Hephaestus adalah dewa pengerjaan logam, pandai besi, keahlian Yunani memiliki simbol palu, landasan, api, keledai, dan gunung berapi. Hal ini karena Hephaestus membuat semua senjata dan armor untuk Gunung Olympus. Keledai adalah salah satu simbolnya karena dia akan menunggangi keledai, bukan kereta.