Munculnya Musik Tarling di Tanah Pantura Sejak Era Hindia Belanda

By Galih Pranata, Selasa, 7 Maret 2023 | 12:00 WIB
Tarling diperkirakan sudah ada sejak era Hindia Belanda. Nama tarling diidentikkan dengan nama instrumen sitar dan suling serta istilah 'Sing nelatar kudu eling, Eling kepada Tuhan Yang Maha Esa. (KASKUS)

Nationalgeographic.co.id—Sejak memasuki tahun 1930-an, kondisi sosial masyarakat Indramayu pada era Hindia Belanda perlahan berubah. Kebiasaan pemakaian gitar, bukan lagi soal orang Eropa, banyak di antara kalangan bumiputera sudah lihai memainkannya.

Salah satu tokoh yang muncul dalam perkembangan histori musik tarling adalah Sugra. Bersuara merdu dan mahir memainkan alat musik, membuat setiap dendang lagu yang dinyanyikannya mudah diminati dan disukai oleh kalangan luas.

Sugra adalah seorang pribumi Indramayu yang lahir dari ayah yang mahir memainkan lagu dengan gamelan. Ayahnya, Talan, juga mahir dalam bidang seni kidung. Barangkali kebolehan Sugra dalam bermusik telah diwariskan dari ayahnya.

Melalui konteks kegetiran dan realitas sosial yang ada, Sugra mulai menggubah lirik-lirik menyayat hati dengan membawa musik klasik berbalut gitar dan gamelan, sehingga terciptalah kisertembang tarling klasik— yang kemudian menjadi cikal bakal musik Tarling Dermayonan.

Lasmiyati dari Balai Pelestarian Nilai Budaya Jawa Barat, menuliskan kisah Sugra dan histori munculnya musik tarling dalam jurnal Patanjala berjudul Sugra: Tokoh Perintis dan Dinamika Tarling Indramayu (1930-1997) yang diterbitkan tahun 2020.

Semakin dikenalnya alat-alat musik Eropa yang dipadukan dengan alat musik tradisional, membuat musik gubahan Sugra terdengar mengesankan. Dengan cepat musiknya tersebar luas di wilayah Indramayu dan Cirebon.

Setelah diperkenalkan secara luas, Lasmiyati mengeklaim kehadiran tarling sebagai salah satu bukti adanya akulturasi kebudayaan Eropa dengan kebudayaan setempat, di mana hal itu dapat terjadi dari kehadiran Pelabuhan Cimanuk.

"Seni-seni yang menjadi pembuktian sejarah akulturasi di Pelabuhan Cimanuk adalah berokan, dombret, genjring, umbul, jidur, macapat, renteng, ronggeng ketul, rudat, sampyong, sandiwara, sintren, tayuban, tari topeng, trebang, wayang golek cepak, dan tarling," tambahnya.

Wajar saja, akulturasi dengan pesat terjadi di Pelabuhan Cimanuk tatkala jung-jung besar dari banyak bangsa dan negara berlabuh di sana. Kapal-kapal besar bukan hanya berhenti dari segi perdagangan saja, melainkan mengomunikasikan budaya baru.

Tentang tarling yang dicetuskan Sugra sebagai gaya musik baru, sejatinya perkembangan dari notasi nada yang ia dengarkan sebelumnya dari gaya musik yang sering dimainkan ayahnya, Talan.

Ipeng Supendi, tokoh tarling yang tengah memainkan gitarnya sambil mengenakan busana muslim dan sarung, berlatar karung beras, menggambarkan kehidupan di wilayah Pantura. (Balai Pelestarian Nilai Budaya Jawa Barat)

"Dari nada yang ada dalam gamelan, tampaknya Talan tidak paham notasi doremi. Talan hanya paham dengan notasi diatonis, sementara notasi pentatonis tidak dikuasainya," terus Lasmiyati.