Inggris Mencuri Anjing Kaisar Tiongkok saat Perang Candu, Untuk Apa?

By Ricky Jenihansen, Jumat, 5 Mei 2023 | 11:00 WIB
Anjing Peking adalah jenis anjing Kaisar Tiongkok. (Ancient Origins)

Nationalgeographic.co.id—Selama Perang Candu Kedua, sekitar tahun 1856 hingga 1860, Inggris telah banyak menyebabkan kerusakan dan melakukan penjarahan di Tiongkok. Salah satu yang paling tragis adalah, Inggris memerintahkan penghancuran dan penjarahan istana musim panas lama di Beijing.

Komplek istana yang dikenal sebagai Yuanmingyuan, yang berarti "Taman Kecerahan Sempurna" itu, adalah kompleks istana dengan taman yang luas itu dan merupakan surga yang indah.

Istana tersebut dipenuhi dengan karya seni tak ternilai yang mewakili ribuan tahun sejarah Tiongkok. Penghancuran dan penjarahan tersebut jelas telah menghina orang-orang Tiongkok.

Tapi dari itu semua, ada jarahan yang paling menarik dan menjadi cerita unik hingga saat ini. Inggris mencuri 5 ekor anjing Peking milik kaisar Tiongkok.

Selama penghancuran besar-besaran tersebut, yang dikenang oleh orang Tiongkok sebagai penghinaan terakhir, lima anjing Peking ditemukan. Salah satunya diambil oleh Kapten Inggris bernama John Hart Dunne, yang kemudian menulis surat berikut kepada Ratu Victoria.

“Anjing kecil ini saya temukan di Istana Yuan Ming Yuan dekat Peking pada tanggal 6 Oktober 1860. Anjing itu diduga milik Permaisuri, atau salah satu wanita dari Keluarga Kekaisaran," tulis Dunne dalam suratnya.

"Ini adalah makhluk kecil yang paling penyayang dan cerdas, ia selalu terbiasa diperlakukan sebagai hewan peliharaan dan dengan harapan dapat dipandang seperti itu oleh Yang Mulia dan Keluarga Kerajaan yang saya bawa dari Tiongkok."

Inggris telah mencuri Anjing Kaisar Tiongkok, yang menurut mereka adalah trah anjing mainan, mereka disediakan khusus untuk anggota rumah tangga kekaisaran Tiongkok.

Foto Looty the Pekingese pada tahun 1865, digambarkan oleh Kapten Dunne sebagai (Ancient Origins)

Anjing-anjing itu, menurut mereka dibiakkan sebagai "anjing lengan" sehingga mereka dapat bersembunyi di balik lengan jubah kaisar Tiongkok.

Menurut legenda, anjing Peking berasal dari romansa antara singa dan monyet marmoset yang jatuh cinta meskipun ukurannya sangat berbeda.

Meskipun sejarahnya sedikit suram, sejarawan percaya bahwa Peking pertama kali dibiakkan menyerupai singa kecil mungkin sejak 2.000 tahun yang lalu.