Berjalan Kaki Menapaki Jalur Peziarahan Kuno Camino de Santiago

By Sysilia Tanhati, Minggu, 12 Maret 2023 | 16:00 WIB
Camino de Santiago menjadi rute peziarahan kuno yang populer. Peziarah dari berbagai penjuru dunia menjalani rute ini yang berakhir di Santiago de Compostela.a (Zally/Pexels)

Nationalgeographic.co.id - Camino de Santiago adalah rangkaian rute ziarah kuno di Spanyol yang masih dijalani hingga saat ini. Juga disebut The Way of St. James, semua rute di berbagai titik mengarah ke Katedral Santiago de Compostela.

Selama abad pertengahan, Camino de Santiago dianggap sebagai salah satu ziarah terpenting bagi umat Katolik. Kini rute ini populer bagi para peziarah, petualang, dan bahkan turis. Ada beragam alasan untuk berjalan atau bersepeda sepanjang ratusan kilometer, baik itu spiritual, keagamaan, budaya, atau petualangan.

Santiago de Compostela diyakini sebagai tempat peristirahatan terakhir Santiago Apóstol atau Santo Yakobus. “Ia adalah salah satu dari Dua Belas Rasul Yesus. Secara tradisional dianggap sebagai rasul pertama yang menjadi martir,” tulis M. R. Reese di laman Ancient Origins.

Peziarah akan mulai berjalan di pagi hari untuk mencapai satu kota atau desa. Ini dilakukan setiap hari hingga ia mencapai Santiago de Compostela. (Burkard Meyendriesch/Unsplash)

Menurut catatan sejarah, setelah kematiannya, Santo Yakobus dibawa ke Santiago de Compostela dengan perahu. Pada tahun 814 Masehi, Pelayo sedang mengikuti bintang penuntun ketika dikatakan telah menemukan makam sang santo.

Setelah menemukan tulang-tulang Santo Yakobus, Raja Alfonso II memerintahkan agar sebuah katedral didirikan di tempat makam itu berada.

Keberadaan Katedral di makam Santo Yakobus membuat banyak orang berduyun-duyun ke Santiago de Compostela. Pada abad ke-10, situs tersebut sempat dihancurkan, tetapi dengan cepat dibangun kembali dengan banyak bangunan Gotik, Romawi, dan Barok. Perlahan, situs ini menjadi tempat ibadah yang sangat indah.

Pada abad ke-11, situs tersebut menjadi sangat terkenal dan ribuan orang dari seluruh Eropa berkumpul di sana. Untuk sampai ke sana, mereka mengikuti rute Camino de Santiago.

Berjalan kaki, bersepeda, atau bahkan dengan kedelai

Ada lima rute utama Camino de Santiago, masing-masing dimulai di lokasi yang berbeda. Peziarah bisa memilih Camino Frances, Camino Portugues, Camino Primitivo, Camino Ingles dan Via de la Plata.

Camino Frances adalah rute paling populer menuju Santiago, membentang sekitar 790 km. Rute ini dimulai dari St. Jean Pied de Port di Prancis kemudian melintasi pusat Spanyol hingga ke Santiago de Compostela.

Via de la Plata dimulai dari Seville, Spanyol Selatan, menyatu dengan Camino Frances ketika mendekati Santiago de Compostela. Jika ingin menikmati keindahan Pegunungan Asturias, peziarah bisa memilih Camino Primitivo untuk mencapai makam sang santo. Sedangkan Camino Portugues dimulai di kota Portugis Porto.