Singkap Tanda Peringatan Runtuhnya Lapisan Es Antarktika di Masa Depan

By Wawan Setiawan, Minggu, 19 Maret 2023 | 08:00 WIB
Gunung es tabular besar terletak di antara lapisan es Larsen C Antarktika dan pulau es A-68, yang terpisah dari Larsen C, seperti yang terlihat pada misi Operasi IceBridge NASA pada 16 Oktober 2018. (NASA)

Nationalgeographic.co.id - Pada tahun 2002, area es seukuran Pulau Rhode secara dramatis memisahkan diri dari Antarktika saat lapisan es Larsen B runtuh. Studi baru tentang kondisi yang menyebabkan keruntuhan seperti ini dapat mengungkapkan tanda-tanda peringatan untuk melihat mundurnya lapisan es Antarktika di masa depan, menurut tim ilmuwan yang dipimpin Penn State.

"Runtuhnya lapisan es Larsen B umumnya dianggap sebagai peristiwa yang berdiri sendiri," kata Shujie Wang, asisten profesor geografi di Penn State. "Pekerjaan kami menunjukkan bahwa itu adalah fase terakhir dalam urutan melahirkan yang dimulai pada tahun 1998 dan dikendalikan oleh anomali pemanasan atmosfer juga lautan yang melemahkan struktur lapisan es dari waktu ke waktu."

Rak es adalah lidah es mengambang yang terhubung ke daratan tetapi memanjang dan mengapung di atas air laut.

Para ilmuwan telah lama mengetahui bahwa suhu udara dan lautan yang memanas mencairkan dan melemahkan lapisan es dari permukaan dan bawah permukaan, tetapi proses pasti yang menyebabkan keruntuhan tidak dipahami dengan baik.

Dan karena rak es bertindak sebagai penopang yang menahan gletser di daratan yang mengalir menuju lautan, memahami bagaimana gletser akan bereaksi terhadap pemanasan yang berkelanjutan penting untuk mendapatkan prediksi kenaikan permukaan laut yang benar, kata para ilmuwan.

"Hilangnya lapisan es akibat pemanasan lingkungan adalah cara tercepat bagi Antarktika untuk mendorong kenaikan permukaan laut, tetapi tetap sangat sulit untuk diprediksi sebagian karena pengamatan kita sangat sedikit," kata Richard Alley, Profesor Geosains Universitas Evan Pugh di Penn State dan anggota tim penulis dalam penelitian ini.

Gambar rake s Larsen B yang runtuh dan perbandingannya dengan negara bagian Pulau Rhode di AS. (Robert A. Rohde / Wikipedia)

Ia menambahkan, “Lapisan es Larsen B tidak menahan banyak daratan es, sehingga kehilangannya tidak terlalu penting bagi permukaan laut, tetapi menawarkan laboratorium yang luar biasa untuk mempelajari tanda-tanda peringatan dini dan proses hilangnya lapisan es. Wawasan baru yang diperoleh di sini akan membantu dalam upaya yang lebih besar untuk memproyeksikan bagaimana pemanasan akan berinteraksi dengan lapisan es untuk mengendalikan kontribusi kenaikan permukaan laut di masa depan."

Para ilmuwan mengumpulkan data di lapisan es sejak tahun 1960-an dan menganalisis perubahan dari waktu ke waktu menggunakan observasi satelit, eksperimen pemodelan, dan data analisis ulang iklim.

Sebelum keruntuhan tahun 2002, lapisan es mengalami transisi dari peristiwa ‘melahirkan’ besar yang khas—ketika bongkahan es pecah ke laut—menjadi proses yang lebih sering dan lebih kecil. Lalu pada akhirnya, menjadi aliran es yang lebih cepat dan meluas ke arah laut.

"Biasanya, bongkahan es besar pecah, tumbuh kembali selama beberapa dekade dan putus lagi," kata Wang, penulis utama studi dan mitra dari Earth and Environmental Systems Institute dan Institute for Computational and Data Sciences di Penn State. "Di sini, banyak peristiwa melahirkan yang lebih kecil terjadi, dan es tidak tumbuh kembali. Dan ketika mundur dari pulau berbatu yang berfungsi sebagai penopang lapisan es, es tidak dapat lagi menahan aliran balik."

Temuan ini menunjukkan bahwa percepatan aliran luas dan seringnya melahirkan anak gunung es kecil dapat berfungsi sebagai prekursor yang dapat diukur untuk destabilisasi lapisan es. Para ilmuwan melaporkan temuannya dalam jurnal Earth and Planetary Letters pada 13 Maret 2023.