Lebih dari 170 Triliun Partikel Plastik Mengambang di Lautan Dunia

By Ricky Jenihansen, Senin, 13 Maret 2023 | 10:00 WIB
Segenggam mikroplastik terdampar di Pantai Kamilo, Hawaii. Partikel plastik di seluruh lautan dunia memiliki berat sekitar 2 juta metrik ton (The 5 Gyres Institute)

Nationalgeographic.co.id—Studi baru dari The 5 Gyres Institute, organisasi lingkungan di Amerika Serikat yang fokus mengatasi polusi plastik, mengungkapkan bahwa saat ini ada lebih dari 170 triliun partikel plastik mengapung di lautan dunia.

Mereka memperkirakan, partikel plastik tersebut memiliki berat sekitar 2 juta metrik ton. Jumlah itu bisa hampir tiga kali lipat pada tahun 2040 jika tidak ada tindakan yang diambil.

Laporan penelitian tersebut telah diterbitkan di jurnal PLoS One baru-baru ini. Makalah tersebut dipublikasikan dengan judul "A growing plastic smog, now estimated to be over 170 trillion plastic particles afloat in the world’s oceans—Urgent solutions required" yang bisa diperoleh secara daring.

Penulis makalah penelitian memperingatkan bahwa "pembersihan itu sia-sia," jika plastik terus diproduksi dengan kecepatan saat ini. Mereka menyalahkan industri plastik karena menolak komitmen untuk membeli bahan daur ulang atau mendesain untuk dapat didaur ulang.

Untuk mengatasi masalah plastik, para peneliti meminta pembuat undang-undang untuk segera memberlakukan langkah-langkah kebijakan yang berfokus pada pengurangan dan penggunaan kembali sumber, untuk meminimalkan kerusakan ekologi, sosial, dan ekonomi.

170 triliun partikel plastik mengapung di lautan dunia. (Energy Industry Review)

“Peningkatan mikroplastik secara eksponensial di seluruh lautan dunia adalah peringatan keras bahwa kita harus bertindak sekarang dalam skala global," kata Marcus Eriksen, salah satu pendiri The 5 Gyres Institute.

"Berhenti berfokus pada pembersihan dan daur ulang, dan mengantarkan era tanggung jawab perusahaan untuk seumur hidup dari hal-hal yang mereka buat.”

Para peneliti menilai tren plastik laut dari 1979 hingga 2019 dan mencatat peningkatan dramatis dalam massa dan kelimpahan plastik laut sejak 2005.

Mereka mengatakan ini mungkin mencerminkan peningkatan eksponensial dalam produksi plastik, fragmentasi polusi plastik yang ada atau perubahan pada produksi dan pengelolaan sampah terestrial.

“Pembersihan sia-sia jika kita terus memproduksi plastik dengan kecepatan saat ini, dan kita sudah terlalu lama mendengar tentang daur ulang sementara industri plastik secara bersamaan menolak komitmen untuk membeli bahan daur ulang atau desain untuk dapat didaur ulang,” kata Eriksen.

Sampah plastik merupakan salah satu jenis sampah yang memberikan ancaman serius terhadap lingkungan. (Unsplash/CC0 Public Domain)