Fosil "Naga Laut" Ichthyosaurus Ditemukan di Pulau Arktik Spitsbergen

By Ricky Jenihansen, Rabu, 15 Maret 2023 | 08:00 WIB
Rekonstruksi ichthyosaurus paling awal dan ekosistem berusia 250 juta tahun yang ditemukan di Spitsbergen. (Esther van Hulsen.)

Nationalgeographic.co.id—Tim paleontolog dari Uppsala University dan University of Oslo telah menemukan sisa-sisa fosil "Naga Laut" ichthyosaurus berusia 250 juta tahun di Formasi Vikinghøgda di pulau Arktik Spitsbergen.

Ichthyosaurus adalah sekelompok reptil laut yang dijuluki "Naga Laut" dan mirip lumba-lumba yang memainkan peran penting sebagai predator puncak di ekosistem samudra Mesozoikum.

Studi ini muncul hari ini di jurnal Current Biology dengan judul "Earliest Triassic ichthyosaur fossils push back oceanic reptile origins" baru-baru ini.

Makhluk-makhluk ini berasal dan beragam dari sekitar 249 juta tahun yang lalu, sekitar 3 juta tahun setelah peristiwa kepunahan massal Permian akhir, dan penemuan fosil mereka terbentang sekitar 160 juta tahun.

Mereka memiliki tubuh yang memanjang, kepala yang relatif kecil, moncong panjang, kaki berbentuk sirip, dan sirip ekor seperti lumba-lumba.

Sebagian besar berburu ikan atau mangsa kecil lainnya, tetapi beberapa memakan reptil laut lainnya, seperti paus pembunuh yang memburu spesies mamalia laut lainnya saat ini.

Penemuan fosil mereka telah diungkap di setiap benua tetapi mereka sangat terkenal dari Eropa, Asia Timur dan Amerika Utara.

“Menurut buku teks, reptil pertama kali berkelana ke laut lepas setelah kepunahan massal Permian, yang menghancurkan ekosistem laut dan membuka jalan bagi fajar Zaman Dinosaurus hampir 252 juta tahun yang lalu,” kata ahli paleontologi Uppsala University, Benjamin Kear dan rekan-rekannya.

“Seperti ceritanya, reptil darat dengan kaki berjalan menyerbu lingkungan pantai yang dangkal untuk memanfaatkan ceruk predator laut yang dibiarkan kosong oleh peristiwa bencana ini.”

“Seiring waktu, reptil amfibi awal ini menjadi lebih efisien dalam berenang dan akhirnya mengubah anggota tubuh mereka menjadi sirip, mengembangkan bentuk tubuh 'mirip ikan', dan mulai melahirkan anak muda," katanya.

Fragmen fosil Ichthyosaurus yang ditemukan paleontolog di pulau Arktik Spitsbergen. (Kear et al.)

"Dengan demikian, memutuskan ikatan terakhir mereka dengan tanah dengan tidak perlu datang ke darat untuk bertelur."