Dunia Hewan: Spesies Baru Burung Penyanyi Bunting Diidentifikasi

By Ricky Jenihansen, Jumat, 24 Maret 2023 | 18:00 WIB
Burung Godlewski bunting (Emberiza godlewskii) di Ulaanbaatar, Mongolia. Ornitolog kini mengidentifikasi spesies baru burung penyanyi tersebut di Tiongkok. (Jargal Lamjav)

Nationalgeographic.co.id—Para ahli burung atau ornitolog dari Lanzhou University telah mengidentifikasi spesies baru burung penyanyi bunting di Tiongkok. Mereka membagi populasi utara dan selatan sebagai dua spesies terpisah.

Menurut mereka, burung penyanyi bunting Godlewski (Emberiza godlewskii) harus diperlakukan sebagai dua spesies independen. Maka mereka memisah spesies tersebut menjadi Emberiza godlewskii dan Emberiza yunnanensis.

Studi ini dipublikasikan dalam jurnal Molecular Phylogenetics and Evolution. Makalah tersebut bisa diperoleh secara daring dengan judul "A new bunting species in South China revealed by an integrative taxonomic investigation of the Emberiza godlewskii complex (Aves, Emberidae)."

Untuk diketahui, batasan spesies burung di seluruh benua Euro-Asia, terutama burung pengicau atau penyanyi yang tersebar luas dengan banyak subspesies, tidak sepenuhnya terselesaikan.

Bunting Godlewski adalah spesies dalam keluarga Emberizidae, kelompok yang terdiri dari pemakan biji dengan paruh berbentuk kerucut.

Burung bunting pertama kali dijelaskan pada tahun 1874, ia memiliki jangkauan yang sangat luas: Tiongkok, Pakistan, India, Kazakhstan, Mongolia, Myanmar, dan Siberia.

“Godlewski buntung, Emberiza godlewskii, didistribusikan secara luas di Asia Timur,” kata penulis pertama Jiande Li, seorang peneliti di Lanzhou University dan Northwest Normal University, dan rekannya.

"Itu sebelumnya dianggap sejenis dengan bunting batu, Emberiza cia, yang didistribusikan dari Asia Tengah dan Himalaya barat melalui Eropa selatan ke Afrika barat laut."

Mereka mengatakan, batas spesies antara Emberiza cia dan Emberiza godlewskii telah diperdebatkan karena interpretasi variasi morfologi di antara populasi geografis.

“Sebelumnya, dalam studi tentang pola filogeografi Emberiza godlewskii, kami mengungkapkan perbedaan genetik yang dalam antara subspesies utara dan selatan,” tambah mereka.

“Namun, hubungan filogenetik antara dua garis keturunan Emberiza godlewskii dan Emberiza cia, serta posisi filogenetik mereka ke kelompok terdekat, Emberiza cioide, tetap tidak pasti.”

Batasan spesies burung di seluruh benua Euro-Asia, terutama burung penyanyi atau pengicau yang tersebar luas dengan banyak subspesies, tidak sepenuhnya terselesaikan. (James Eaton/Birdtour Asia)