Sultan Ahmed II Kekaisaran Ottoman, Mati Kelelahan Akibat Bencana

By Hanny Nur Fadhilah, Minggu, 19 Maret 2023 | 11:00 WIB
Sultan Ahmed II Kekaisaran Ottoman. (Daily Sabah)

Nationalgeographic.co.id – Sultan Ahmed II adalah sultan Ottoman ke-21 dan khalifah Muslim ke-86, dan putra ketiga Sultan Ibrahim. Dia lahir dari pasangan Hadice Muazzez Haseki pada tahun 1643.

Sultan Ahmed II kehilangan ayahnya pada usia 5 tahun dan menghabiskan waktu bertahun-tahun di istana. Dia menerima pendidikan yang baik dan lebih menyukai sains dan penelitian daripada kedua kakak laki-lakinya.

Pada tahun 1691, setelah kematian kakak laki-lakinya Sultan Suleiman II, dia dinobatkan di Edirne pada usia 48 tahun. Kakak sulungnya Sultan Mehmed IV, yang digulingkan pada tahun 1687, masih hidup, dan ada yang ingin melihatnya kembali. Inilah mengapa pejabat negara bertindak begitu cepat untuk menempatkannya di atas takhta.

Ketika Sultan Ahmed II diberi tahu bahwa dia akan naik tahta, dia membacakan ayat Al-Qur'an yang berbunyi, "Allah, adalah Tuhan atas semua kerajaan! Dia memberikan kekuasaan kepada siapa yang dia kehendaki, dan meninggikan siapa yang dia kehendaki." (Surah Ali 'Imran: 26).

Kemudian dia berkata: "Saya tidak mencita-citakan jabatan ini. Saya tidak menuntutnya. Saya juga tidak mengharapkannya. Allah memberkati hamba yang malang ini. Saya tidak tahu bagaimana harus mensyukuri nikmat ini."

Pertama-tama, dia memerintahkan Wakil Wazir Agung, yang juga bertindak sebagai Menteri Dalam Negeri, untuk mengamankan ketertiban umum. Kemudian dia menyuruh defterdar (kepala bendahara) untuk berhati-hati terhadap pengeluaran.

Tindakan ini menunjukkan bahwa dia akan terlibat erat dalam urusan negara. Karena perbendaharaan sedang bermasalah karena perang, tentara tidak dapat diberikan tip penobatan. Saat ini, Wazir Agung Fazıl Mustafa Pasha sedang dalam kampanye Austria. Sultan membiarkan dia mempertahankan posisinya sebagai wazir agung.

Buku harian pangeran

Sultan Ahmed II menguasai bahasa Arab dan Persia dengan baik. Dia tertarik pada berbagai ilmu, jadi dia melindungi para sarjana dan seniman.

Sultan Ahmed II memiliki pengetahuan tentang puisi dan musik, dan dia sangat suka membaca penyair terkenal Turki dan Persia secara teratur. Dia adalah anggota ordo Mevlevi. Dia adalah ahli kaligrafi, terbukti dengan mushaf yang sangat indah (salinan Al-Qur'an tulisan tangan) dan buku-buku yang dia salin.

Buku harian yang dia simpan ketika dia menjadi şehzade (pangeran) dan bertahan hingga saat ini adalah contoh yang baik tentang rasa tanggung jawab dan visi yang dia miliki untuk masa depan.

Menurut sumber sejarah, dia tidak suka pamer, dia berpakaian sederhana. Wazir Agung Fazıl Mustafa Pasha menggambarkan Sultan Ahmed II sebagai "baik hati, saleh, berpengetahuan luas dalam setiap sains, dewasa, dan murah hati."