Analisis Baru Fosil Mengungkap Dinosaurus dengan Leher Terpanjang

By Ricky Jenihansen, Rabu, 29 Maret 2023 | 08:00 WIB
Render sauropoda yang dikenal sebagai Mamenchisaurus sinocanadorum. Penemuan fosilnya pertama kali dijelaskan pada tahun 1993 dan analisi baru menunjukkannya memiliki leher terpanjang. (Júlia d’Oliveira)

Nationalgeographic.co.id—Analisis baru tim internasional mengungkapkan bahwa sauropoda Tiongkok Jurassic Akhir yang dikenal sebagai Mamenchisaurus sinocanadorum memiliki leher sepanjang 15 meter yang memegang rekor.

Analisis baru dinosaurus ini, diterbitkan dalam Journal of Systematic Palaeontology dengan judul "Re-assessment of the Late Jurassic eusauropod Mamenchisaurus sinocanadorum Russell and Zheng, 1993, and the evolution of exceptionally long necks in mamenchisaurids" dan memberikan wawasan baru tentang evolusi tubuh sauropoda yang ikonik.

Mamenchisaurus sinocanadorum hidup 162 juta tahun yang lalu (Zaman Jurassic Akhir) di tempat yang sekarang disebut Tiongkok.

Mamenchisaurus sinocanadorum adalah dinosaurus yang sangat besar dalam keluarga sauropoda Mamenchisauridae.

Penemuan fosil dinosaurus ini pertama kali dijelaskan pada tahun 1993 dari fosil yang ditemukan di bagian atas Formasi Shishugou di Cekungan Junggar, Xinjiang, Tiongkok.

Dengan panjang sekitar 15,1 meter (49,5 kaki), lehernya enam kali lebih panjang daripada leher jerapah, hewan berleher terpanjang yang hidup saat ini.

"Pertanyaan tentang sauropoda mana yang memiliki leher terpanjang tidaklah mudah," kata ahli paleontologi Stony Brook University, Andrew Moore yang memimpin penelitian.

"Karena ukurannya, sauropoda terbesar cenderung menjadi yang paling kurang dikenal: sangat sulit untuk mengubur hewan sebesar itu di sedimen dan dengan demikian melindunginya dari fosilisasi."

"Beberapa fosil fragmen menunjukkan bahwa garis keturunan sauropoda lainnya berevolusi secara independen dengan panjang leher lebih dari 10 meter (32,8 kaki)."

Namun, pelestarian yang buruk dari spesimen ini dan kerabat terdekat mereka membuat perkiraan panjang leher mereka spekulatif.

Mamenchisaurus sinocanadorum memegang rekor sauropoda dengan leher terpanjang. (Valantint)

Meskipun Mamenchisaurus sinocanadorum hanya diketahui dari segelintir tulang dari leher dan tengkorak, penulis mampu merekonstruksi hubungan evolusionernya dan dengan demikian membuat perbandingan dengan kerangka kerabat terdekatnya yang luar biasa lengkap.