Orang Eropa Zaman Neolitik Membuat Keju dari Susu Banyak Hewan

By Ricky Jenihansen, Rabu, 29 Maret 2023 | 09:00 WIB
Pembuatan keju di Eropa pada Zaman Neolitik menggunakan susu dari berbagai jenis hewan. (EV Thomas/Shutterstock)

Nationalgeographic.co.idStudi arkeologi baru dari University of York mengungkapkan proses pembuatan keju Zaman Neolitik di Polandia. Bukti dari keramik Neolitik, menunjukkan bahwa keju dibuat dengan pemrosesan susu menggunakan susu dari sejumlah hewan yang berbeda.

Temuan mereka telah dipublikasikan Royal Society Open Science dengan judul "Detection of dairy products from multiple taxa in Late Neolithic pottery from Poland: an integrated biomolecular approach."

Penelitian menunjukkan bahwa petani awal mengurangi kandungan laktosa dalam susu dengan membuatnya menjadi keju atau produk susu lainnya seperti yoghurt. Mereka menggunakan produk susu dari sejumlah hewan yang berbeda, seperti sapi, domba, atau kambing untuk membuat keju.

Intoleransi laktosa adalah kondisi umum di hampir semua orang di Eropa selama Neolitik dan sampai Zaman Perunggu Akhir ketika mutasi genetik menyebar luas, memungkinkan orang dewasa memproduksi laktase, enzim yang memecah laktosa dalam tubuh.

Para peneliti melihat praktik pengolahan susu di Neolitikum Akhir, mengidentifikasi residu dengan kandungan dadih yang tinggi dalam pembuatan tembikar yang menunjukkan pembuatan keju Zaman Neolitik, dan mengungkapkan bahwa banyak spesies susu digunakan.

Harry Robson, dari Departemen Arkeologi di University of York, mengatakan: "Hasil ini berkontribusi secara signifikan terhadap pemahaman kita tentang penggunaan produk susu oleh beberapa petani paling awal di Eropa Tengah.

"Sementara penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa produk susu tersedia secara luas di beberapa wilayah Eropa selama periode ini, di sini, untuk pertama kalinya, kami memiliki bukti yang jelas untuk peternakan sapi perah yang beragam, termasuk sapi, domba dan kambing, dari analisis keramik. "

Keramik neolitik diidentifikasi dengan residu kandungan dadih yang tinggi, menunjukkan penggunaan beberapa susu dari banyak hewan. (University of York)

Para ilmuwan dan arkeolog dari Universitas York, Cambridge, Toru dan Kraków menggunakan pendekatan multi-stranded proteomic dan lipid-analysis untuk menyelidiki keramik dan endapan di permukaannya, dari situs Slawe cinek di Polandia tengah.

Perkembangan baru memberikan bukti bahwa pembuatan keju (dan pengolahan susu yang memperkaya dadih lainnya) dapat dideteksi secara langsung dengan meneliti proporsi protein dadih, dengan membandingkan data proteomik. Hasilnya juga yang pertama dari jenisnya di Eropa.

Meskipun intoleransi laktosa meluas pada periode tersebut, ada bukti susu dikonsumsi selama Neolitikum, seperti tulang hewan dengan pola pembunuhan yang diharapkan untuk ternak sapi perah, lipid susu dalam bejana keramik, dan protein susu dalam kalkulus atau plak gigi kuno.

Baca Juga: Jejak Susu di Dinding Bejana Petani Eropa 7.400 Tahun yang Lalu