Dunia Hewan: Kucing Dapat dengan Mudah Melacak Keberadaan Pemiliknya

By Ricky Jenihansen, Jumat, 24 Maret 2023 | 15:00 WIB
Kucing dapat membedakan suara manusia yang dikenal dan tidak dikenal bahkan termasuk suara langkah kaki. (Pet ful)

Nationalgeographic.co.id—Jika Anda mencoba untuk bersembunyi dari kucing Anda, sebaiknya hentikan. Anda tidak akan dapat bersembunyi dari kucing Anda, mereka akan dengan mudah melacak Anda dengan bantuan suara.

Studi baru dari Kyoto University di Jepang menunjukkan, bahwa kucing dapat membedakan suara manusia yang dikenal dan tidak dikenal bahkan termasuk suara langkah kaki.

Rincian studi mereka tersebut telah diterbitkan di jurnal PLoS One dengan judul "Socio-spatial cognition in cats: Mentally mapping owner’s location from voice."

Dari penelitian tersebut, mereka mengetahui bahwa kucing domestik membuat "peta mental" yang memberi tahu mereka di mana manusia berada di dekatnya, berdasarkan dari mana suara itu berasal.

Para peneliti menguji kucing dengan memutar rekaman suara manusia yang memanggil nama kucing. Mereka kemudian memutar rekaman itu lagi, hanya kali ini melalui pengeras suara di tempat yang berbeda, sehingga terdengar suara yang sama dari tempat yang lebih jauh.

Kucing-kucing itu terkejut ketika suara yang dikenalnya datang dari lokasi yang tidak mereka duga, berdasarkan apa yang telah mereka dengar.

Ini menunjukkan bahwa kucing secara spasial mengarahkan teman manusia mereka yang tak terlihat menggunakan isyarat audio, kemampuan kognitif yang sebelumnya tidak diketahui pada kucing.

Mengetahui bahwa sesuatu terus ada meskipun tidak terlihat (seperti yang ditunjukkan kucing dalam tanggapan mereka) disebut keabadian objek, dan ini adalah tes yang digunakan peneliti untuk mengukur kecerdasan hewan.

Kucing tampaknya pandai menyimpulkan keberadaan fisik dan sosial dari suara-suara yang didengarnya. (Excited Cats)

Bayi manusia biasanya mulai mengembangkan objek permanen saat mereka berusia sekitar 8 bulan, dan kemampuan ini menjadi lebih halus saat bayi mencapai usia 10 hingga 12 bulan.

pada tahap itu, bayi dapat menemukan benda tersembunyi, dan mereka mulai menyadari bahwa orang tua dan pengasuh mereka tidak menghilang hanya karena tidak terlihat.

Pada studi ini, mereka memutuskan untuk menguji kucing menggunakan sinyal audio karena kucing dikenal memiliki pendengaran yang luar biasa dan mampu menemukan mangsa tersembunyi dalam kondisi jarak pandang yang rendah.