Orang Yunani Mengabaikan Jejak Masjid Warisan Ottoman di Chios

By Galih Pranata, Sabtu, 1 April 2023 | 16:00 WIB
Potret memprihatinkan salah satu masjid warisan Ottoman yang terbengkalai di Chios, Yunani. (AA Photo/Daily Sabah)

Nationalgeographic.co.id—Meskipun Yunani dan Türki sudah akur setelah gempa bumi 6 Februari 2023 di selatan Türki yang memicu simpati dari Yunani. Namun, masjid peninggalan Ottoman menjadi titik pertikaian di antara keduanya.

Türki di masa lalu mengkritik Athena karena merampas hak minoritas Muslim di sana serta membiarkan bangunan masjid warisan era Ottoman, menjadi rusak parah. Inilah yang membuat mereka bertikai sejak lama.

Sabri Can Sannav, seorang akademisi dari departemen sejarah Universitas Trakya Türkiye, dia menunjukkan kontras antara kebebasan beragama di kota resor populer Turki dan pulau Yunani yang berjarak beberapa mil dari Istanbul.

"Sannav mengatakan Masjid Mecidiye, yang diubah menjadi Museum Bizantium Chios pada tahun 1912, sebagian besar kehilangan fiturnya sebagai masjid," tulis Responden Daily Sabah.

Ia menulisnya dalam sebuah artikel berjudul "Greece tramples on religious rights by keeping mosques closed" yang diterbitkan pada 13 Maret 2023.

Museum ini sekarang menyimpan artefak Kristen dan batu nisan Muslim dan Yahudi. Masjid Mecidiye adalah satu-satunya bangunan era Ottoman yang sebagian besar tetap utuh di Chios, Yunani.

Pertikaian di antara dua kubu semakin memanas ketika orang-orang Kristen berkebangsaan Yunani diperbolehkan untuk beribadah di Çeşme, Turki, sedangkan orang-orang Islam Turki tidak dapat beribadah di Chios, Yunani.

Pihak berwenang Yunani harus dapat menjawab pertanyaan mengapa umat Islam tidak dapat beribadah di Mecidiye atau masjid tertutup lainnya sementara komunitas Kristen dapat berdoa di gereja-gereja di Türki.

Neval Konuk, seorang profesor arsitektur dari Universitas Marmara yang menulis sebuah buku tentang arsitektur Ottoman yang terletak di beberapa pulau Yunani, mengatakan bahwa empat masjid kekaisaran Ottoman bertahan di Chios.

Akan tetapi, keempat masjid itu tidak ada yang memenuhi tujuan aslinya sebagai tempat terselenggaranya peribadatan umat Islam yang ada di sana.

Salah satu masjidnya ada yang digunakan sebagai gudang untuk bengkel alat listrik, ada pula masjid Mecidiye sebagai museum, sedangkan dua lainnya digunakan untuk menyimpan artefak hasil penggalian arkeologis.

Masjid Ortakoy atau Masjid Mecidiye di Chios adalah masjid ikonik di sebelah Selat Bosphorus. Masjid ini dialih fungsikan sebagai museum oleh pihak Yunani yang mengabaikan warisan Ottoman di sana. (hotels.com)