Dunia Hewan: Mengapa Kucing Menggoyangkan Buntutnya Sebelum Menerkam?

By Ricky Jenihansen, Kamis, 6 April 2023 | 14:00 WIB
Kucing menggoyangkan buntutnya dan mengendap-endap sebelum menerkam mangsanya. (Pet Keen)

Nationalgeographic.co.id—Saat kucing akan menerkam mangsanya, maka mereka akan menggoyangkan buntutnya dan menurunkan kepalanya. Mereka mengendap-endap dan menerkam mangsanya dengan loncatan singkat. Tapi sebenarnya, mengapa kucing harus mengendap dan menggoyangkan buntutnya sebelum menerkam?

Perilaku ini telah dibuktikan oleh banyak pemilik hewan peliharaan. Ketika kucing mereka bersiap untuk menerkam, kucing menggoyangkan buntutnya terlebih dahulu dan itu tampaknya menjadi perilaku alami bagi kucing.

Serangan goyangan buntut ini berlangsung hanya beberapa saat ketika kucing berjongkok rendah atau mengendap-endap dan menggoyangkan buntutnya sebelum meluncurkan dirinya atau melompat ke sasarannya, yang terkadang itu adalah kaki Anda di bawah selimut.

Belum ada penelitian formal tentang perilaku aneh ini, tetapi seorang ilmuwan yang mempelajari pergerakan hewan mengatakan dia memiliki beberapa gagasan tentang mengapa kucing melakukan gerakan seperti twerk sebelum penyergapannya.

Twerk adalah istilah untuk menyebut tarian mengikuti musik populer dengan cara yang provokatif secara seksual. Tarian itu melibatkan gerakan pinggul yang melibatkan gerakan pinggul dan posisi jongkok yang lebihrendah.

"Jawaban singkatnya adalah sains tidak tahu; sepengetahuan saya, goyangan buntut belum dipelajari dalam konteks eksperimental," kata John Hutchinson, seorang profesor biomekanik evolusioner di Royal Veterinary College di London.

Menurut Hutchinson, goyangan buntut dapat membantu menekan kaki belakang ke tanah untuk memberi kucing tambahan gesekan (traksi) untuk mendorong mereka maju dalam serangan lebih cepat.

Seorang pria dengan kucingnya. (Michele Pevide)

"Mungkin (perilaku tersebut) juga memiliki peran sensorik untuk mempersiapkan penglihatan, proprioception (kesadaran akan posisi dan gerakan seseorang) dan otot, dan seluruh kucing, untuk perintah saraf cepat yang diperlukan untuk menerkam," catat Hutchinson.

Goyangan buntut juga bisa memberi kucing semacam pemanasan aerobik. Membuat kucing menjadi lebih siap untuk melakukan terkaman.

"Itu mungkin sedikit meregangkan otot dan itu mungkin membantu menerkam," kata Hutchinson kepada Live Science.

"Dan kita tidak bisa mengecualikan bahwa itu hanya menyenangkan untuk kucing; mereka melakukannya karena mereka senang dengan sensasi perburuan (dan) berhasil menangkap mangsa."