Mengungkap Benda-benda Mitos Paling Kuat dalam Sejarah Dunia

By Tri Wahyu Prasetyo, Senin, 1 Mei 2023 | 12:00 WIB
Pedang Excalibur merupakan salah satu benda mitos yang mengagumkan dari cerita rakyat kuno. (Deivison / Adobe Stock)

Nationalgeographic.co.id—Bak sayur tanpa garam, berbicara tentang mitos dan legenda kurang lengkap rasanya bila tak menyebutkan gaman atau benda unik yang maha dahsyat!

Mulai batu Chintamani dalam mitologi Hindu, hingga Tombak Takdir dari cerita rakyat Kristen, benda-benda ini telah berhasil memukau imajinasi orang-orang dari berbagai budaya dan generasi. 

Robbie Mitchell, seorang penulis sejarah dari Inggris, mengajak kita melakukan perjalanan untuk mengungkap kisah benda-benda paling misterius di dunia.

Pedang Raja Arthur

Perjalanan dimulai dengan pedang yang paling bersejarah di dunia, yaitu Excalibur, dari legenda Arthurian. Menurut Mitchell, pedang ini melegenda karena kekuatannya luar biasa dan memiliki hubungan yang melekat dengan Raja Arthur.

Tidak sembarang orang, sebuah kisah menuturkan bahwa hanya raja saja yang berhak mengayunkan pedang ini. Dipercayai, pedang ini akan memberikan kekuatan dan kehebatan yang dahsyat kepada penggenggamnya selama di medan tempur.

Kisah mengenai pedang ini sangatlah bervariasi, bahkan cenderung berbeda dari satu versi ke versi yang lain.

“Versi asal usul pedang ini pertama kali muncul pada 1200 Masehi dalam novel Merlin karya Robert de Boron,” jelas Mitchell.

Dalam karya novel tersebut, disebutkan bahwa Excalibur tertancap pada sebuah batu, “siapa pun yang mencabut pedang itu akan menjadi raja.”

Versi lain mengenai Excalibur, juga dapat dijumpai dalam mitos Arthurian. Mendengar penjelasan Mitchell, kisah Excalibur dalam mitos ini berbeda dengan apa yang ditulis Boron.

“Dalam versi ini, Excalibur digambarkan sebagai pedang kedua Arthur, yang diperoleh setelah pedang aslinya (pedang di batu) hancur dalam pertempuran yang ganas,” terang Mitchel. 

Setelah menerima nasihat bijak dari Merlin, “Arthur mencari wanita mistis di danau, yang menghadiahkan pedang ajaib, Excalibur.”