Kisah Feng dari Pelayan Budak Hingga Permaisuri Kekaisaran Tiongkok

By Hanny Nur Fadhilah, Jumat, 5 Mei 2023 | 07:00 WIB
Janda Permaisuri Feng adalah ratu Kekaisaran Tiongkok dari dinasti Wei Utara. (History of Royal Woman)

 

Nationalgeographic.co.id—Feng dihormati sebagai Janda Permaisuri Feng atau Permaisuri Wenming adalah seorang ratu Kekaisaran Tiongkok yang berpengaruh dari Dinasti Wei Utara (386–534).

Dari seorang gadis bangsawan menjadi pelayan budak, ratu yang terhormat hingga janda permaisuri yang kuat yang memerintah kerajaannya dengan baik. Selain memiliki paras yang cantik, Feng mempunyai bakat politik dan kepribadian yang kuat.

Janda Permaisuri Feng telah membantu dua raja, merebut kekuasaan melalui kudeta dan bakat politiknya, dan menerapkan serangkaian reformasi yang mengembangkan kerajaannya sambil mempertahankan beberapa kekasih yang tampan dan suka membantu.

Dia membawa pemerintahan yang luar biasa ke Kekaisaran Wei Utara, kaisar Yuan Hong dan kehidupan yang cemerlang bagi dirinya sendiri. 

Masa Kecil Feng

Kakek Feng adalah raja terakhir Yan Utara (407—436), yang dibunuh setelah kekaisaran musnah. Ayah Feng mematuhi Dinasti Wei Utara dan menjabat sebagai pejabat bangsawan. Namun, ayahnya terlibat dalam pemberontakan dan dieksekusi. 

Kakak laki-laki Feng melarikan diri dari kerajaan, dan Feng dikirim ke istana kerajaan sebagai pelayan budak. Untungnya, bibi Feng adalah selir kekaisaran raja saat ini, yang selalu menjaga Feng.

Terlebih lagi, Feng bertemu dan mengesankan putra mahkota saat ini, yang sangat jatuh cinta padanya. Putra mahkota Tuoba Jun, dihormati sebagai Kaisar Wencheng dari Wei Utara. Kemudian dia naik takhta hingga menikahi Feng dan menominasikannya sebagai selir kekaisaran.

Feng Menjadi Ratu di Usia 14 Tahun

Wei Utara adalah rezim yang didirikan oleh orang-orang Xianbei di Tiongkok utara selama Dinasti Utara dan Selatan.

Oleh karena itu, Xianbei minoritas nomaden memiliki beberapa kebiasaan khusus mengenai ratu dan sistem warisan.

Di Wei Utara, kaisar tidak dapat memutuskan wanita mana yang akan menjadi ratunya dan hanya dapat mencalonkan calon.