Pliosaurus, Monster Laut Zaman Jura Berukuran Dua Kali Paus Pembunuh

By Ricky Jenihansen, Selasa, 16 Mei 2023 | 14:00 WIB
Raksasa laut zaman Jurassic ternyata dua kali lebih besar dari paus pembunuh. (Stack Umbrella)

Nationalgeographic.co.id—Sebuah penemuan yang kebetulan di museum of Oxfordshire mungkin telah mengakhiri perdebatan sengit tentang ukuran hewan zaman Jura. Spekulasi yang telah berlangsung lama itu kini punya penjelasan baru.

Menurut para peneliti, monster laut zaman Jura ternyata dua kali lebih besar dari paus pembunuh di zaman sekarang. Ukurannya bahkan berpotensi mencapai 14,4 meter.

Para ahli paleontolog telah menerbitkan penjelasan tersebut di Proceedings of the Geologists' Association belum lama ini. Makalah tersebut diterbitkan dengan judul "A truly gigantic pliosaur (Reptilia, Sauropterygia) from the Kimmeridge Clay Formation (Upper Jurassic, Kimmeridgian) of England" yang merupakan jurnal akses terbuka.

Lebih dari 20 tahun yang lalu, serial dokumenter BBC Walking with Dinosaurs TV menunjukkan Liopleurodon sepanjang 25 meter. Ini memicu perdebatan sengit tentang ukuran monster laut ini.

Hal itu karena dianggap terlalu berlebihan dan kemungkinan besar hanya mencapai ukuran dewasa dengan panjang lebih dari enam meter. Spekulasi itu ternyata terus berlanjut, hingga kemudian penemuan baru tak sengaja ini diterbitkan.

Profesor David Martill dari University of Portsmouth's School of the Environment, Geography and Geosciences, mengatakan: "Saya adalah seorang konsultan untuk program percontohan BBC 'Cruel Sea' dan saya angkat tangan—ukuran Liopleurodon saya sangat salah."

"Saya mendasarkan perhitungan saya pada beberapa bahan fragmen yang menyarankan Liopleurodon dapat tumbuh hingga panjang 25 meter, tetapi buktinya sedikit dan hal itu menimbulkan banyak kontroversi pada saat itu."

Menurutnya, perkiraan ukuran monster laut ini di BBC pada tahun 1999 terlalu berlebihan, tetapi sekarang kami memiliki beberapa bukti yang jauh lebih dapat diandalkan setelah penemuan empat vertebrata besar secara kebetulan.

Rekan penulis Profesor Martill, Megan Jacobs, sedang memotret kerangka ichthyosaurus di Abingdon County Hall Museum, sementara Dave melihat-lihat laci fosil. Dia menemukan tulang belakang yang besar dan sangat senang menemukan kurator memiliki tiga lagi di gudang.

Vertebra jelas dapat diidentifikasi sebagai yang terkait erat dengan spesies Pliosaurus atau hewan serupa.

Monster laut Pliosaurus mirip dengan plesiosaurus, tetapi dengan kepala memanjang yang lebih besar, mirip dengan buaya, dan leher yang lebih pendek. Mereka memiliki empat sirip, yang berfungsi sebagai dayung yang kuat untuk mendorong mereka melewati air dan ekor yang relatif pendek.

Gambar pindaian 3-D Pilosaur Cervical Vertebral Centrum. (University of Portsmouth)