Mitologi Korea: Goblin, Makhluk Gaib Jadi Inspirasi Drama Korea

By Hanny Nur Fadhilah, Sabtu, 13 Mei 2023 | 12:00 WIB
Dalam mitologi Korea, Goblin atau Dokkaebi adalah roh yang mempunyai energi dan keterampilan luar biasa. (Mythology Planet)

Nationalgeographic.co.id – Siapa penggemar Korea Drama Goblin? Drama yang dibintangi Gong Yoo ini ternyata terinspirasi dari kisah mitologi Korea yaitu Goblin atau disebut juga Dokkaebi. Goblin adalah roh yang mempunyai energi dan keterampilan luar biasa.

Mereka memiliki kemampuan untuk berinteraksi dengan manusia dan sering menggunakan kekuatan mereka untuk mengelabui manusia. Dokkaebi dikenal memiliki banyak kemampuan yang bervariasi. Catatan yang paling akurat berasal dari karya abad ke-15 berjudul Seokbo Sangjeol.

Menurut catatan, dokkaebi dipanggil untuk mengharapkan keberuntungan, kesehatan, atau umur panjang. Dengan demikian, mereka adalah makhluk yang harus disembah bagi mereka yang membutuhkan. Keyakinan tentang dokkaebi membawa keberuntungan masih bertahan hingga hari ini, membenarkan sifat dermawan dan filantropis utama Goblin.

Kata dokkaebi itu sendiri berasal dari kata majemuk 'tot' dan 'abi': abi menunjukkan laki-laki dewasa dan tot berarti api atau benih. Oleh karena itu, kombinasi tersebut menandakan laki-laki yang mampu menciptakan kekayaan besar. 

Legenda lain menggambarkan Goblin yang berbeda di dalam beragam bentuk. Mereka biasanya digambarkan mengenakan hanbok, salah satu bentuk pakaian tradisional Korea yang dikenakan pada acara formal. Biasanya berwarna-warni dan dihiasi dengan garis-garis sederhana.

Penyebutan Goblin Korea pertama kali ditemukan dalam sebuah cerita dari Kerajaan Silla di Korea tengah dan selatan. Ini ditampilkan dalam tokoh Lady Dohwa dan Bachelor Bihyeong.

Sejak kemunculan pertama mereka dalam cerita rakyat, mereka telah menjadi fitur reguler dalam cerita rakyat dalam mitologi Korea. Mereka diceritakan sering berinteraksi dengan protagonis manusia dalam berbagai cara.

Goblin dikatakan memiliki sejumlah keterampilan yang berbeda. Mulai dari kemampuan melimpahkan keberuntungan hingga menghukum manusia karena dosa-dosa mereka.

Berbeda dengan penampilan di Drama Korea yang memanjakan mata, Goblin dalam cerita rakyat Korea biasanya digambarkan sangat jelek dengan wajah merah, dan terkadang memiliki tanduk dan satu atau dua kaki. Mereka tercipta dari benda mati yang berlumuran darah, dan sering kali muncul dari benda biasa seperti sapu. 

Sering kali, Goblin Korea dipandang sebagai jahat atau penipu (seperti Satir dalam mitologi Yunani), tetapi beberapa cerita menggambarkan pengalaman positif dengan Dokkaebi.

Beberapa ritual dilakukan menggunakan kekuatan supranatural dari Dokkaebi. Sering kali, sosok mereka juga terlibat dalam upacara untuk membawa panen yang baik, menangkal entitas jahat, dan memberikan keberuntungan.

Upacara lainnya dilakukan untuk mengusir Dokkaebi jahat yang diyakini sebagai penyebab kesialan, penyakit, dan kebakaran.