Qilin, Makhluk Mitologi 'Unicorn' Tiongkok Jadi Jimat Untuk Anak-anak

By Hanny Nur Fadhilah, Minggu, 14 Mei 2023 | 08:00 WIB
Qilin adalah makhluk mitologi Tiongkok berpenampilan seperti kuda dan dijuluki sebagai Unicorn Tiongkok. (China Fetching)

Nationalgeographic.co.id—Qilin adalah makhluk mitologi Tiongkok berpenampilan seperti kuda. Dijuluki sebagai Unicorn Tiongkok, Qilin merupakan salah satu dari Empat Roh Keberuntungan dalam mitologi Tiongkok, bersama dengan naga, phoenix, dan kura-kura.

Qilin adalah simbol kebajikan, keberanian, kebajikan, dan bakat serta merupakan pertanda baik yang dapat meramalkan kebesaran masa depan. 

Asal Usul Qilin, Makhluk Mitologi Tiongkok 

Qilin bertuah sejak didokumentasikan karena hubungannya yang erat dengan kelahiran dan kematian orang bijak Konfusius sekitar 551 SM- 479 SM.

Suatu hari, seorang Qilin datang ke pekarangan sebuah keluarga, pergi ke ibu yang sedang hamil, dan memuntahkan tablet batu giok bertuliskan, "Putra Dewa Air, Raja yang Luar Biasa Tapi Tanpa Tahta."

Keesokan harinya, seorang bayi laki-laki lahir dalam keluarga ini, yang kemudian tumbuh menjadi Konfusius, seorang pendidik dan filsuf yang hebat, dan pendiri Konfusianisme.

Dalam Shijing (Puisi Klasik atau Buku Lagu), kumpulan puisi pertama di Tiongkok yang disusun oleh Konfusius, didokumentasikan sebagai makhluk mitos yang baik hati dan baik hati serta digunakan untuk mewakili bangsawan yang berbakat dan berbudi luhur.

Pada tahun 481 SM, raja negara tempat tinggal Konfusius terluka dan menangkap seekor binatang buas, yang kemudian diidentifikasi sebagai Qilin, makhluk keberuntungan yang hanya muncul di tempat yang damai dan makmur. 

Sayangnya, makhluk keberuntungan ini segera mati, yang menurut Konfusius, merupakan pertanda era kacau dan tidak stabil yang akan datang.

Dia menangis, menulis pidato, berhenti menulis buku, dan meninggal dunia dua tahun kemudian. Sejak saat itu, aktivitas Qilin dianggap sebagai simbol kelahiran atau kematian seorang bijak dan dapat meramalkan masa damai atau kacau di masa depan.

Apa Hubungan Antara Qilin dan Naga Tiongkok?

Keduanya sama-sama makhluk mitologi Tiongkok. Mengenai hubungan antara Qilin dan Naga Tiongkok, ada beberapa versi yang berbeda. Qilin adalah keturunan Naga Yinglong. Di versi lain sisi, Qilin adalah anak naga dan ternak. Qilin mempunyai dua karakter, Qi untuk jantan dan Lin untuk betina. Penampilan mereka dalam dokumentasi sejarah dan peninggalan budaya berbeda dalam sejarah.