Ptah, Dewa Pengrajin dan Pencipta Banyak Dewa di Mitologi Mesir Kuno

By Hanny Nur Fadhilah, Selasa, 16 Mei 2023 | 10:00 WIB
Ptah adalah dewa pengrajin dalam mitologi Mesir kuno, yang disembah di Memphis sejak Kerajaan Lama. Dia dikatakan sebagai pencipta segala sesuatu, termasuk dewa pencipta lainnya. (The Collector)

Nationalgeographic.co.id—Ptah adalah pencipta alam semesta fisik dalam mitologi Mesir Kuno. Anda mungkin menganggapnya sebagai pengrajin, dan perajin segala sesuatu. Tapi, dia juga termasuk dewa pencipta lainnya.

Selain cukup brilian, dia juga sangat tampan. Ptah paling sering digambarkan terbungkus kain seperti mumi, tetapi tangannya dibiarkan bebas memegang tongkat. Mitologi Mesir kuno menampakkan Ptah memiliki kepala yang dicukur dan mengenakan topi tengkorak. Jika menurut Anda ini tidak terlalu menarik, harap diingat, setiap perdaban meninggalkan mode rambut yang berbeda. 

Selain semua pekerjaan yang harus dia lakukan, Ptah adalah Pendeta Tinggi di kuilnya di Memphis, dan memegang gelar terhormat Pemimpin Pengrajin yang Hebat.

Ketika kota Memphis menjadi ibu kota administratif Mesir yang bersatu, status Ptah pun naik. Dia adalah salah satu dewa paling terkemuka saat itu.

Sekitar 700 SM, sebuah teks yang disebut Mitos Penciptaan Memphis ditulis. Tentu saja itu ditulis di Memphis, karena warga setempat tertarik untuk membawa dewa pelindung kota mereka ke puncak tangga dewa. 

Seperti yang diceritakan dalam Mitos Penciptaan Memphis, Ptah diidentikkan dengan tanah kering pertama yang muncul dari kedalaman air yang tak berujung. Karena alasan inilah mitologi Mesir kuno menganggapnya juga dikenal sebagai dewa bumi.

Ptah menciptakan Atum, dan semua dewa mulia Ennead lainnya, sembilan dewa lengkap yang disebut Ennead Agung Heliopolis. Mereka adalah Atum, Shu, Tefnut, Nut dan Geb, Osiris, Isis, Set dan Nephthys.

Proses penciptaan ini berawal dari Ptah memikirkan mereka yang disebut, 'pengetahuan ilahi'. Dia juga berbicara tentang mereka, yang disebut 'ucapan ilahi', dan dengan hal tersebut, 'energi ilahi', akhirnya 9 dewa diciptakan.

Dalam mitologi Mesir Kuno, tatanan kosmik terdiri dari tatanan alam dan tatanan politik. Lima dewa pertama, Atum, Shu, Tefnut, Geb, dan Nut, adalah kekuatan ilahi yang menciptakan unsur-unsur alam. Osiris, Isis, Seth, dan Nephthys berkorelasi dengan tatanan politik, yang dianggap sama pentingnya pada saat itu.

Keluarga Ptah

Mirip dengan kota-kota saat ini, setiap kota di Mesir Kuno memiliki teori dan caranya sendiri dalam melakukan sesuatu. Orang-orang sangat bangga dengan dewa mereka.

Di Memphis, mereka mengklaim Ptah menikah dengan Sekhmet, seorang dewi lokal, tetapi di tempat lain dia dikenal sebagai suami Wadjet. Dia adalah ayah dari Nefertum dan Maahes, dan Sekhmet adalah ibu mereka. Dia juga mengadopsi Imhotep, arsitek, insinyur, dan dokter pertama yang diketahui dalam sejarah, yang adalah seorang manusia.