Mitologi Yunani: Peran Patroclus Raih Kemenangan di Perang Troya

By Hanny Nur Fadhilah, Kamis, 18 Mei 2023 | 11:00 WIB
Patroclus adalah salah satu pahlawan dalam perang Troya dalam mitologi Yunani. (The Collector)

Nationalgeographic.co.id—Patroclus adalah salah satu pahlawan dalam perang Troya dalam mitologi Yunani. Dia adalah sahabat dari pahlawan terkenal Achilles. Mereka bertempur bersama dalam Perang Troya, yang pada akhirnya menjadi warisan yang ditinggalkan oleh Patroclus.

Dia merupakan putra Menoetius, salah satu Argonaut. Dia adalah dewa Titan dan dikenal karena kemarahannya yang kejam dan tindakan gegabah. Sebagian kecil dari sifat ini yang mungkin diturunkan kepada putranya, karena keputusannya akhirnya menyebabkan kematiannya.

Ayah Patroclus menikah empat kali. Tidak jelas siapa di antara wanita-wanita ini yang merupakan ibu kandungnya. Apollodorus dari Athena telah mengidentifikasi tiga wanita sebagai kemungkinan ibu dari Patroclus, termasuk Periopis, Polymele dan Sthenele. Gaius Julius Hyginus mengidentifikasi istri keempat Menoetius, Philomela, sebagai ibu Patroclus.

Kisah Patroclus ditemukan di Iliad. Ketika dia masih kecil, Patroclus mendapati dirinya bertengkar dengan salah satu teman dekatnya saat mereka bermain dadu. Temannya, Clysonymus, berdebat dengan Patroclus.

Saat pertengkaran semakin memanas, sebuah kecelakaan terjadi dan Patroclus secara tidak sengaja membunuh temannya.

Untuk menghindari berurusan dengan keluarga almarhum, Menoetius membawa putranya ke Phthia. Di sinilah Patroclus bertemu Achilles. Mereka langsung menjadi teman baik dan persahabatan mereka akan memainkan peran besar dalam Perang Troya.

Patroclus memainkan peran penting dalam hasil Perang Troya. Patroclus dan Achilles sudah berteman baik ketika mereka berdua ingin mengejar Helen.

Mitologi Yunani mengisahkan bahwa Helen sudah bertunangan. Jadi mereka mengambil Sumpah Tyandareus, yang menyatakan bahwa semua pelamar Helen yang cantik akan berjanji untuk melindungi dia dan calon suaminya dari segala jenis bahaya atau ancaman.

Helen menikah dengan tunangannya tetapi dengan cepat kawin lari dengan Paris, pangeran Troy. Suaminya, Menelaus, dengan cepat memohon Sumpah Tyndareus, yang menyatukan semua pelamar Helen sebelumnya, termasuk Patroclus dan Achilles.

Ini pada dasarnya adalah awal dari Perang Troya, yang akan berlangsung 10 tahun yang panjang. Perang ini dikisahkan dalam mitologi Yunani yang mengakibatkan hilangnya nyawa yang luar biasa baik bagi orang Yunani maupun Trojan.

Saat Perang Troya berkecamuk, Patroclus mulai membangun keterampilan bertarungnya. Dia bukan tandingan Achilles tetapi dia terinspirasi untuk menjadi lebih baik.

Trojan akhirnya maju dan mulai mengancam kapal-kapal Yunani. Percaya diri dengan kemampuannya, Patroclus meyakinkan temannya untuk membiarkan dia memimpin pasukan dan memaksa Trojan menjauh dari kapal.